Beranda / Berita / Kuliner Lombok

Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Melancong ke Lombok

Tanggal : , Penulis : Ric

Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Melancong ke Lombok

Feders-Lombok tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata yang indah-indah, tapi kuliner khas lombok juga terkenal enak.

Pulau ini juga terkenal dengan Makanan Khas yang populer, bagi pecinta kuliner Lombok merupakan tempat yang cocok untuk di kunjungi.

Berikut kuliner Lombok yang wajib kamu coba saat liburan ke Lombok.

1.Bebalung
Makanan Khas Lombok yang bernama Bebalung, dalam bahasa Sasak berarti "tenaga". Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang di campur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memilik khas tersendiri.

Ini merupakan makanan khas Lombok yang wajib dicoba untuk traveller yang berkunjung ke Pulau Lombok. Rasa kuahnya sungguh berbeda, di karenakan terdapat bumbu spesial ala Bebalung yang tidak dapat dijumpai pada makanan khas lainnya.

2. Nasi Balap Puyung
Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana.

Nasi Puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Pertamakali diperkenalkan oleh Inaq Esun (Inaq dalam bahasa Sasak = Ibu). Yang menjadi pembeda adalah sambal khas puyung yang disajikan dengan potongan ayam & sayur lainnya. Jika ke Lombok, tidak ada salahnya makanan ini dicoba.

3. Sate Bulayak
Bulayak adalah sejenis lontong atau tupat yang di bungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. 

Dalam bahasa Sasak "Bulayak" memang berarti "Lontong" Bagi beberapa orang, rasa Bulayak jauh lebih lembut dan gurih ketimbang lontong maupun ketupat. Makanan ini biasanya disajikan dengan Sate.

Tempat dimana Sate Bulayak ini diperkenalkan, adalah di area Narmada, yaitu sebuah tempat di Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 15 20 menit dari Kota Mataram. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine