Beranda / Berita / Jenis Rem Pada Motor

Mengenal Jenis Rem Pada Sepeda Motor

Tanggal : , Penulis : Admin

Mengenal Jenis Rem Pada Sepeda Motor

Feders-Fungsi dari rem sebenarnya sama untuk semua jenis yang ada, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan. Alat ini sangat penting, terutama pada saat keadaan mendesak, misalnya kendaraan harus berhenti tiba-tiba, untuk menghindari tabrakan di depan, atau karena alasan lain.

Dengan demikian, maka sangat jelas, fungsi alat ini sangat penting. Bisa dibayangkan, saat kendaraan melaju dengan kencang, dan tiba-tiba di depan ada kendaraan yang berhenti. Maka jalan satu-satunya adalah harus menghentikan laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan.

Rem kendaran motor sendiri ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Kedua jenis rem ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan bermotor. Dalam hal ini rem akan menghentikan putaran roda kendaraan.

Cara kerja dari rem adalah dengan melakukan gesekan pada roda yang sedang berputar. Gesekan terjadi apabila tuas rem ditarik sehingga rem akan berhimpitan dengan roda kendaraan dan menimbulkan gesekan. Gesekan tersebut akan mengakibatkan putaran roda jadi melambat dan akhirnya berhenti.

ada dua jenis kendaraan motor yang dikenal. yaitu rem tromol dan rem biasa. Perbedaan antara kedua jenis rem tersebut adalah terletak pada daya atau kekuatan yang dihasilkan untuk menghentikan laju roda kendaraan yang sedang berputar.

Rem tromol memiliki kekuatan yang lebih kecil. Rem ini biasa digunakan pada kendaraan motor keluaran lama. 

Rem tromol dilengkapi dengan kampas rem, yaitu bagian rem yang langsung bergesekan dengan bagian roda kendaraan. Dalam perawatannya kampas rem bisa aus dan harus diganti bila sudah habis.

Jenis rem yang satunya adalah rem cakram. Disebut rem cakram karena alat ini dilengkapi dengan bagian yang disebut cakram. 

Cakram motor sendiri berbentuk piringan, dan dengan alat ini, rem akan menahan laju  roda kendaraan yang sedang berputar.

Piringan cakram pada rem cakram ini mempunyai daya gesek yang kuat. Hal ini yang menyebabkan rem cakram memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan rem biasa. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine