Beranda / Berita / Motor 2 Tak

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak, Bukan Cuma Dari Suara Knalpot Saja

Tanggal : , Penulis : Admin

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak, Bukan Cuma Dari Suara Knalpot Saja

Bagi penggiat dunia otomotif, istilah motor 2 tak dan motor 4 tak tentu sudah tidak asing. Namun, bagi orang awam istilah ini masih jarang dipahami. 

Pembagian jenis ini sering dianggap sepele, namun dalam beberapa kasus sebenarnya perlu diperhatikan dan dikenali lebih jauh.

Jangan heran apabila ada masyarakat yang mengatakan jika perbedaan antara dua jenis ini adalah dilihat dari bunyi knalpot. Biasanya akan disebutkan bahwa knalpot motor 2 tak lebih bising dan ngebul, sedangkan motor 4 tak sebaliknya.

Selain itu, ada pula yang menganggap bahwa perbedaannya hanya terletak pada aspek SOHC atau DOHC-nya. Nah agar tidak keliru, yuk ketahui perbedaan keduanya dalam beberapa poin berikut.

Jumlah Komponen Mesin
Komponen pada mesin dua tak lebih sedikit dibandingkan dengan mesin empat tak. Komponen mesin dua tak lebih sedikit karena tidak adanya klep in maupun klep out serta noken as.

Oli Yang Digunakan
Mesin motor empat tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan mesin motor dua tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja.

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa motor 2 tak membutuhkan oli pendamping. Hal ini karena  oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

Hasil Pembakaran di Knalpot
Karena membutuhkan pelumas, maka knalpot mesin 2 tak lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sedangkan mesin 4 tak lebih ramah asap.

Mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya. Malah apabila mesin 4 tak pada knalpotnya mengeluarkan asap, bisa dipastikan mesin motor mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

Jumlah Langkah Piston
Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin dua tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine