Beranda / Berita / Penyebab Lampu Motor Mati Mendadak

Lampu Motor Mati Tiba-Tiba,Cek Bisa Jadi ini Salah Satu Penyebabnya

Tanggal : , Penulis : Admin

Lampu Motor Mati Tiba-Tiba,Cek Bisa Jadi ini Salah Satu Penyebabnya

Selain sebagai penerangan pada malam hari, lampu motor juga wajib menyala di siang hari.Selain lampu utama tersebut, ada juga lampu belakang, yang sekaligus menjadi lampu rem, serta empat buah lampu sein.

Lalu bagaimana jika lampu tiba-tiba mati mendadak ? Mungkin ini salah satu penyebabnya.

1. Relay yang Bermasalah
Komponen relay pada motor memiliki fungsi yang mirip dengan saklar listrik. Gunanya untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian motor yang membutuhkan aliran listrik, salah satunya kepada lampu.

Jika lampu motor mendadak mati kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian relaynya. Anda bisa mengecek terlebih dahulu peranti ini dan membersihkannya, soalnya lampu motor sering mengalami masalah karena relay yang kotor dan berkarat.

2. Aki Motor Soak

Faktor lain yang menyebabkan lampu motor mati bisa disebabkan oleh kondisi aki yang bermasalah. Soalnya aki adalah sumber yang menyuplai daya listrik untuk seluruh komponen pada motor.

Jika aki motor sudah soak, jelas hal ini akan mempengaruhi aliran listrik untuk lampu motor Anda. Maka dari itu pastikan untuk selalu mengecek kondisi aki motor, jika sudah mulai bermasalah segera ganti yang baru.

3. Soket Lampu Motor Mulai Longgar

Unsur ketiga yang menyebabkan lampu motor mendadak mati adalah soket pada lampu yang longgar atau copot. Jika hal ini terjadi, cara memperbaikinya cukup dengan menyambungkan kembali soket ke tempat semula.

Pastikan Anda memasang soket lampu dengan tepat dan kuat. Karena soket yang terbuat dari bahan plastik cenderung lebih mudah longgar sehingga dapat terlepas kapan saja.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine