Beranda / Berita / Kampas Kopling

Begini Caranya Supaya Kampas Kopling Awet

Tanggal : , Penulis : Ric

Begini Caranya Supaya Kampas Kopling Awet

Feders-Komponen kopling pada sepeda motor, berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda melalui transmisi. Bagian terpenting di dalamnya adalah kampas.

Apabila peranti tersebut menipis, maka daya cengkeram kampas terhadap pelat kopling melemah. Imbasnya, performa motor jadi tak maksimal.

Baca Juga

  • Jangan Salah, Ini Perbedaan Federal Ecomaxx dan Forcemaxx

Habisnya kampas kopling bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari usia komponen yang menua, sampai ke cara pemakaian yang tak benar. Bahkan, ada satu penyebab yang jarang sekali orang tahu.

Pemilik bengkel Riyan Jaya Motor di kawasan Bekasi Barat, Riyan menyatakan, banyak yang abai terhadap penggunaan kopling. Hal sepele saja, menurutnya, bisa sebabkan kampas kopling cepat habis.

"Malas mengganti gigi, bisa bikin kampas kopling abis. Kalau lagi macet terus ada di gigi tiga, pengendara malas menurunkan gigi. Padahal, harusnya disesuaikan giginya. Saat tarikan pertama, dalam keadaan gigi tiga, kopling butuh daya tambahan," katanya.

Baca Juga

  • Federal Forcemaxx Gak Cuma Untuk Motor Jepang, Buat Motor Itali Juga Bisa

Selain penggunaan yang tepat, ia juga menyarankan, untuk melakukan sedikit terapi pada kopling, agar usia kampas bisa lebih panjang. Hal tersebut bisa dilakukan di rumah. Yakni, dengan cara melepas dan menarik tuas kopling saat motor dalam keadaan mesin menyala.

"Sewaktu mesin nyala, kampas kan berputar. Rumah kopling yang buka-tutup, bikin oli melumasi kopling. Proses pelumasan itu bikin kampas gak gampang aus." jelasnya.(federaloil.co.id)
 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine