Beranda / Berita / Tips Safety Riding

Tips Mengendarai Motor Matik di Jalan Menurun

Tanggal : , Penulis : Ric

Tips Mengendarai Motor Matik di Jalan Menurun

Feders-Mengendarai motor model matic itu gampang-gampang susah lho! Pasalnya, mengendarai motor jenis ini memerlukan teknik khusus supaya tetap aman dan nyaman. 

Salah satu teknik paling susah adalah cara mengerem terutama di jalan turunan. Berbeda dengan motor biasa, mengerem di jalan turunan dengan motor matic itu gak bisa sembarangan. Salah-salah, kamu bisa nyungsep dan jadinya cedera deh!

Nah, biar gak lagi-lagi jatuh pas melewati jalur turunan saat mengendarai motor matic, gak ada salahnya lho kamu simak tips cara mengendarai motor di turunan.

1. Jangan kosongkan gas.
Karena motor matic itu sistem persneling-nya otomatis, jadi sangat tidak dianjurkan buat langsung mengosongkan gas saat melewati jalan turunan. 

Pasalnya, kalau kamu mengosongkan persneling sampai kosong bisa jadi laju motor matic tidak terkendali.

Jadi, kalau kamu pas melewati jalur turunan terutama turunan tajam maka kurangi saja laju gas mu tapi jangan sampai kosong ya! Yah, minimal kosongkan gas hingga kecepatan 5-10km/jam lah.

2. Selalu posisikan keempat jari di masing-masing handle rem.
Nah, kalau gas motor matic-mu sudah diatur dalam kecepatan sedang maka saatnya kamu memosisikan keempat jari di masing-masing handle rem. 

Ingat, saat mengerem di jalanan yang turun memang keempat jarimu (kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk) wajib siaga di handle rem.

Sementara itu, jari jempol wajib siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic-mu. Cengkram handle rem seperlu dan secukupnya, jangan terlalu dalam supaya rem tidak terlalu mencengkram yang malah membuat motor kehilangan kestabilan.

3. Jangan lepas pegangan rem sebelum melewati jalan turunan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine