Beranda / Berita / Cara Merawat Velg Sepeda Motor Supaya Awet

Cara Merawat Velg Sepeda Motor Supaya Tetap Awet

Tanggal : , Penulis : Admin

 Cara Merawat Velg Sepeda Motor Supaya Tetap Awet

Sepeda motor baru maupun pelek motor yang baru di press, selanjutnya perlu dirawat secara teratur. Tidak lain tujuannya adalah agar ketahanan pelek tetap terjaga. Nah, beberapa cara perawatannya adalah sebagai berikut.

Merawat Ban
Ban sebagai komponen yang melekat bersama pelek perlu dirawat. Ban ini tentu saja bisa mempengaruhi pelek itu sendiri. Caranya, Anda perlu mengatur jumlah tekanan udara ban setiap kurun waktu tertentu, terutama ketika akan berkendara.

Ketahanan ban ini dapat diukur dengan tekanan udara ban yang stabil, tidak kempes, dan tidak terlalu keras. Saat berhadapan dengan jalan berlubang, ban yang terlalu keras akan mengalihkan tumpuannya pada velg. Alhasil, velg bisa saja langsung peyang.

Nah, ketika dalam kondisi kempes, ban motor bisa langsung bocor atau pecah. Apalagi jika menghantam lubang dengan kecepatan yang tinggi, ini akan mengakibatkan velg motor menjadi peyang.

Baca Juga: Usai Terobos Banjir, Lakukan Hal Berikut Ini

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel motor terdekat terkait dengan cara merawat ban.

Demikian juga baik saat mengganti maupun menambal ban, perlu teknik yang tepat agar cat velg yang cantik tidak tergores.

Cara Berkendara Bisa Mempengaruhi Usia Velg
Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah cara Anda dalam berkendara. Meskipun velg baru atau baru saja di press, ketika cara berkendara ugal-ugalan, velg akan cepat peyang. Fokuslah dalam berkendara dan sebisa mungkin menghindari jalan berlubang.

Velg sangat rentan terhadap jalan berlubang, apalagi jika sampai terjadi benturan. Ketika velg bengkok dan peyang, Anda sendiri yang harus mengeluarkan dana perbaikan bukan? Untuk itu, berkendara secara santun perlu terus dilestarikan.

Melakukan Pengecatan Velg
Melihat kondisi pelek yang mulai usang, Anda tentu tidak ingin membiarkannya berlama-lama dengan kondisi tersebut. Langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengecat velg agar terlihat menarik kembali. Pengecatan dengan bahan sederhana dapat menghemat pengeluaran Anda.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine