Beranda
Berita
Produk
Tim Federal Oil - Gresini
Tentang Kami
Hubungi Kami
Beranda / Berita / Yuk

Yuk, Hitung Rasio Kompresi Mesin Pakai Rumus Ini!

Tanggal : , Penulis : admin

Yuk, Hitung Rasio Kompresi Mesin Pakai Rumus Ini!

Untuk anda yang senang melakukan modifikasi sepeda motor khususnya mesin, tentu sudah mengetahu istilah rasio kompresi. Sudah tahu cara menghitungnya?

Cara menghitung rasio kompresi (r) adalah volume ruang bakar (Vr) + volume silinder (Vs) kemudian dibagi volume ruang bakar (Vr). Jika ditulis dalam rumus sebagai berikut :

Vr + Vs
---------- = r
     Vr

Untuk menghitung rasio kompresi, anda terlebih dahulu harus mengetahui volume silinder (Vs) dan volume ruang bakar (Vr). Cara untuk mengetahui volume ruang bakar adalah dengan cara mengisi ruang bakar dengan cairan. Posisi seher di atas sementara klep hisap dan buang harus dalam keadaan tertutup.

Kemudian masukan cairan dari lubang busi. Gunakan suntikan untuk mengetahui berapa cc cairan yang bisa dimasukan. Contoh Vr = 15 cc.

Kita ambil contoh untuk motor yang berkapasitas 150 cc. maka rasio kompresinya adalah 9,3 : 1.

15 + 125
----------- = 9,3
     15

Meningkatkan kapasitasnya jelas membuat kinerja mesin jadi lebih ekstra. Untuk itu, anda harus lebih rajin dalam melakukan perawatan mesin. Salah satu yang wajib adalah penggantian oli sepeda motor. Jika seperti ini, durasi penggantian oli sepeda motor harus lebih rajin. Misalnya : sebelumnya anda selalu mengganti sebulan sekali, jika kondisi mesin sudah seperti ini baiknya mengganti oli baru paling tidak setiap dua minggu.

Ingat pilih oli sepeda motor yang tepat dan berkualitas. Dan, jangan lupa gunakan Federal Oil yang telah teruji dan terbukti menjaga mesin sepeda motor dengan baik.