Beranda / Berita / Spesialis Teknik

Piston Berdasarkan Cara Pembuatannya

Tanggal : , Penulis : adit

Piston Berdasarkan Cara Pembuatannya

Piston yang merupakan jantungnya mesin sepeda motor terbagi menurut proses pembuatannya yang dibagi dua, casting dan forging. Keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang berhubungan dengan performa dan ketahanan piston itu sendiri.

Casting berarti proses pembuatan piston dilakukan dengan cara dicor, material alumunium alloy yang merupakan bahan dasar piston dipanaskan pada suhu tinggi hingga cair. Selanjutnya cairan tadi dituang ke dalam cetakan berbentuk piston.

Kelemahan proses casting adalah beresiko terjadi gelembung udara meski telah banyak trik dan teknologi canggih yang mengawal proses pembuatan cara ini tidak jarang piston yang reject karena terdapat gelembung.

Sementara itu proses pembuatan piston lainnya yaitu forging alias ditempa, dengan bahan dasar yang sama, material dipanaskan pada suhu tertentu kemudian di tempa, ya mirip dengan proses pebuatan pedang atau keris lah Feders.

Meski berbahan dasar sama, alumunium alloy, namun terdapat perbedaan bentuk material dasar, jika casting menggunakan alumunium alloy bar atau alumunium batangan, maka proses forging menggunakan alumunium berbentuk silinder atau alumunium alloy solid.

Piston dengan proses pembuatan forging atau dikenal dengan sebutan forged piston memiliki performa lebih baik dibanding piston dengan proses casting. Tak salah jika piston tempa banyak dipakai pada motor-motor dengan spesifikasi balap.

Namun bukan berarti piston jenis casting memiliki performa yang buruk. Baik casting maupun forging memiliki ketahanan panas dan kemampuan melepas panas yang baik, ini  untuk ukuran motor dengan kondisi standar ya Feders.

Yang pasti apapun jenis piston yang dipakai, komponen yang disebut sebagai jantungnya mesin sepeda motor ini haris dilindungi oleh pelumas spesial yang sesuai dengan spesifikasinya. Feders ngerti dong kalau Federal Oil memiliki line up lengkap untuk semua jenis motor di Indonesia.

Maka jangan asal pakai pelumas untuk motor kalian Feders, pakailah pelumas spesial yang sudah terbukti dan terpercaya mampu melindungi dan meningkatkan performa mesin motor. (federaloil.co.id)



Source   : Dari berbagai sumber


 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine