Beranda / Berita / Federal Oil

Side View Assist BMW Motorrad, Semua Motor Bisa Aplikasi Peranti Ini

Tanggal : , Penulis : adit

Side View Assist BMW Motorrad, Semua Motor Bisa Aplikasi Peranti Ini

Side View Assist (SVA) yang terpasang di BMW C650 Sport dan C650 GT merupakan peranti pendukung keselamatan yang masih baru di dunia roda dua, namun pada prinsipnya semua motor bisa menggunakan peranti macam ini.

Cara kerja SVA di dua skuter premium keluaran BMW Mottorad ini memberi tahu pengendara jika ada kendaraan lain yang berada di ruang blind spot sisi kanan dan kiri bagian belakang motor.

Sederhana saja, jika ada kendaraan lain dalam radius 5 meter dari motor maka lampu indikator peringatan yang terletak di kedua spion akan menyala, tergantung kendaraan yang mendekat tadi ada di sisi mana.

Sensor macam ini sebetulnya sudah lebih dulu diaplikasi di kendaraan roda empat. Cara kerjanya mirip sensor parkir, bedanya pada mobil indikatornya berupa bunyi 'beep' sementara pada BMW C650 GT dan C650 Sport berupa kedipan lampu.

Peranti yang bekerja pada kecepatan 25-80 km/jam ini sangat membantu pengendara untuk mengetahui kondisi di sekitar, apalagi kaca spion tidak mampu memberikan informasi yang penuh akan kondisi di belakang.

Pada kedua motor BMW Mottorad peranti tersebut masih berupa opsional, artinya pembeli masih harus mengeluarkan uang lagi untuk melengkapi skuternya dengan SVA.

Pada dasarnya SVA bisa diadopsi pada semua jenis motor, tentu dengan melibatkan ahli dibidang kelistrikan. Berikut video bagaimana SVA bekerja.

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine