Beranda / Berita / ACG Starter

Mengupas Teknologi ACG Starter di Motor Honda

Tanggal : , Penulis : Ric

Mengupas Teknologi ACG Starter di Motor Honda

Feders-Tak banyak yang tau akan kelebihan dari teknologi ACG Starter yang ada pada motor Honda. ACG Starter atau lebih dikenal dengan Alternating Current Generator adalah sebuah teknologi terbaru yang bisa dibilang mutakhir karena membuat suara mesin menjadi lebih halus ketika kamu menyalakannya menggunakan electric starter. Starter menjadi sangat halus karena tidak menggunakan dinamo untuk menggerakkan gigi ke gigi.

Teknologi ACG Starter ini pertama kali diaplikasikan pada motor Honda PCX 125, tapi kini teknologi mutakhir ini bisa kamu temukan di sepeda motor Honda Vario Techno 125 ISS dan Honda Vario 150 eSP ISS. Karena pada dasarnya, teknologi ini merupakan kombinasi dari teknologi ISS (Idling Stop System). 

Perbedaannya, jika teknologi ISS bekerja untuk mematikan mesin dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang secara percuma. 

ACG Starter justru bekerja untuk merawat mesin motor karena fiturnya yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus.

Teknologi ACG Starter dengan Starter Konvensional
Berbeda dengan motor yang masih menggunakan sliding-gear starter-type system yang cenderung konvensional dengan menggunakan dinamo starter, sehingga dapat menimbulkan hentakan suara yang cukup kasar saat menghidupkan mesin. 

Pada sistem ini, terdapat dua buah gear berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakkan piston. Gesekan tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya kamu dengar ketika menyalakan mesin.

Sedangkan pada ACG Starter, telah menggunakan teknologi magnetik yang membuatnya minim gesekan karena tidak lagi menggunakan gear. 

Gesekan antar magnet ini dijamin tak akan menimbulkan suara berisik akibat gesekan antar gear yang terjadi ketika kamu menyalakan motor.

Kelebihan Teknologi ACG Starter
Ternyata teknologi ini tak hanya mengurangi getaran atau bunyi saat menyalakan mesin. Sama seperti ISS, teknologi ACG Starter ini juga ternyata mengurangi konsumsi BBM, karena adanya sistem decompression yang mempermudah kinerja piston. 

Selain itu juga menjamin perawatan motor, karena tidak menggunakan brush yang biasanya terdapat pada dinamo biasa.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine