Beranda / Berita / Kelebihan Lampu LED Pada Motor

Kelebihan dan Keunggulan lampu LED Untuk Sepda Motor

Tanggal : , Penulis : Admin

Kelebihan dan Keunggulan lampu LED Untuk Sepda Motor

Federal Oil - Saat ini hampir semua kendaraan bermotor sudah menggunakan lampu jenis LED, terutama untuk motor keluaran terbaru.

Penggunaan lampu LED bukan hanya untuk lampu utama, tapi juga lampu lainnya, seperti lampu rem dan juga lampu sein.

Lampu LED atau Light Emitting Diode adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda. Baik high beam atau low beam pada sepeda motor menggunakan jenis lampu LED ini. 

Kepopuler lampu LED pun semakin meningkat karena terkenal dengan kualitas pencahayaannya yang lebih terang. Lampu ini merupakan hasil pengembangan dari lampu haligen dan HID. 

Yang menyebabkan lampu LED motor banyak digunakan saat ini tidak terlepas dari kelebihannya. Bahkan hampir semua pabrikan motor menggunakan jenis lampu ini. Apa saja kelebihan lampu LED yang membuatnya banyak digunakan?

Berikut ini kelebihan dari lampu LED.

1. Terkenal Awet

Satu hal yang terkenal dari lampu LED adalah keawetannya. Hal ini disebabkan karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika biasanya Anda menggunakan lampu bohlam dan harus sering ganti, kini tidak lagi. 


2. Tidak Butuh Banyak Perawatan

Sering mengganti high beam tentu akan membuat Anda tekor. Padahal lampu adalah komponen penting, apalagi jika Anda sering berkendara di malam hari. Untungnya jika kendaraan Anda menggunakan lampu LED, tidak banyak perawatan yang perlu dilakukan. 

3. Pencahayaan yang Lebih Terang dan Fokus

Bagaimana tentang pencahayaan lampu LED motor? Masih banyak yang berdebat soal ini karena merasa lampu tidak bisa memberikan terang maksimal. Jika motor Anda menggunakan lampu LED asli, sorotan sinar justru lebih terang. 

Cahaya yang dihasilkan bahkan bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu jadi lebih stabil. Sangat berbeda dengan lampu dengan arus AC yang lebih boros tenaga dan terangnya tergantung putaran mesin. 

4. Tahan dengan Goncangan

Keawetan lampu LED didukung juga dengan ketahanannya terhadap guncangan. Sebagai komponen dari elektronik solid state, lampu LED lebih tahan jika terjadi guncangan saat berkendara. 

Penempatan lampu ke dalam kap lampu juga sangat praktis karena bentuknya yang kecil. Tidak dibutuhkan ruangan terlalu besar pada motor untuk menempatkan lampu LED. 

5. Efisiensi Energi yang Lebih Tinggi

Daya yang digunakan untuk menyalakan lampu LED tidak terlalu besar sehingga lebih efisien. Sebagai contoh lampu LED hanya perlu 11 - 14 volt saja yang bisa dinyalakan selama 20 ribu jam. 

Berbeda dengan lampu bohlam yang perlu daya sebesar 35 watt untuk menyalakan lampu selama 500 jam. Perbandingan yang sangat jauh jika ingin menghemat daya. 

Sumber Suzuki.co.id

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine