Tips Jitu Mengatasi Kick Starter Motor Matic Yang Macet
Apalagi jika besi tersebut ada di dalam ruang lembab dan terkadang bertemperatur tinggi. Ditambah, sering kena air hujan. Akibatnya, jamur besi pun lebih cepat berkembang biak.
Contohnya, rangkaian komponen pada selah alias kick starter motor matic. Terutama, part-part yang ada di dalam rumah CVT.
Gara-gara jarang dipakai lantaran lebih efektif dan simple pakai tombol starter, part tersebut kadang bermasalah ketika mau digunakan. Khusunya, bila aki mulai soak.
Biasanya kick starter tidak mau balik ke posisi awal sehabis ditekan. Kalaupun bisa balik biasanya agak keras dan perlu bantuan tangan atau kaki. Jadi repot urusan selajutnya.
Penyebab kick starter susah balik bukan ulah susunan gir penghubung tangkai slah. Atau, gigi penghubung dan gir pemutar puli primer mata giginya rusak. Tapi, akibat per stopper pemegang penghubung gir slah dan gir primer mulai dihinggapi karat.
Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah nggak jalan.
Alhasil, batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru enggak mau balik lagi. Itu yang bikin kita kesal.
Nah, untuk mengembalikan kondisinya ke posisi semula dan bisa normal digunakan, pakai berupa mengusir debu pakai kuas dan udara bertekanan tinggi. Tapi, biar prosesnya mudah, bak luar rumah CVT dibongkar berikut cover pelindungnya.
Ambil contoh kick starter Suzuki Spin 125 yang susunan, bentuk dan dimensi kick starternya tak jauh beda punya Mio, BeAT atau Vario.
Lalu setelah debu diusir pakai kuas dan angin kompresor, per stopper dan alur gir penghubung diolesi gemuk alias grease.
Artikel Lainnya
Tips Servis CVT Bagi Pengguna Motor
Panduan Mudik Nyaman Saat Malam Hari
Federal Matic 40, Pilihan Tepat untuk
Posisi Berkendara Ini Berbahaya
Makin Irit, Makin Nyaman Di Tengah
Motor Matic Mengeluarkan Suara Bising?
Artikel Terkait
Pengaruh Oli Terhadap Konsumsi Bahan
Perawatan Motor Oleh Mekanik Ahli, Bisa
Kunjungi Federal Oil™ Center, Bisa