Beranda / Berita / Maret

Maret Ini, Biaya Bea Balik Nama Bakal Naik Lagi

Tanggal : , Penulis : admin

Maret Ini, Biaya Bea Balik Nama Bakal Naik Lagi


Tahun ini, Bea Balik Nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor kembali naik. Kenaikan ini juga diperkirakan mempengaruhi harga sepeda motor. Kebijakan ini pun akan diberlakukan Maret 2013 mendatang.

Memang belum ada angka pasti mengenai persentase kenaikannya. Apalagi nominal di setiap daerah juga berbeda-beda. Hal ini juga berpengaruh terhadap keputusan pabrikan apakah akan menaikkan harga unit produknya.

“Kenaikan pajak kendaraan termasuk bea balik nama sedang digodok. Dan akan diberlakukan pada Maret 2012 nanti,” jelas Arief Susila, dari Dinas Pendapatan Daerah Jakarta.

Lebih lanjut, Freddyanto Basuki, Manajer Promosi PT Kawasaki Motor Indonesia mengatakan belum bisa menghitung. "Berbagai komponen harga sudah naik. Apalagi sudah ada kepastian kenaikan tarif listrik sebesar 15 persen. pasti ini berpengaruh terhadap harga motor nantinya," kata Freedy sapaan akrabnya.

Terkait pajak kendaraan, nilai yang dihasilkan dari pajak kendaran bermotor pastinya tinggi. Dengan melihat kondisi dan infrastruktur jalan sekarang ini yang banyak mengalami kerusakan, mestinya, anggaran untuk perbaikan infrastruktur mestinya bisa lebih ditingkatkan.

Arief menyebutkan untuk pengaturan anggaran, masing-masing sudah memiliki pos. Katanya, alokasi itu tidak melihat dari pos mana yang tinggi pendapatannya. Sebab, anggaran itu harus terbagi untuk sektor lainnya.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine