Beranda / Berita / Regulasi

Regulasi Emisi Euro3, Sistem Injeksi Honda Sedikit Berubah

Tanggal : , Penulis : admin

Regulasi Emisi Euro3, Sistem Injeksi Honda Sedikit Berubah


Kepastian mengenai kebijakan emisi Euro 3 akan mulai diberlakukan pada Juni 2013. PT Astra Honda Motor (AHM) pun mengaku sudah siap dengan pemberlakuannya di Indonesia.

Hal ini diungkap langsung oleh Yusuke Hori, President Director PT AHM pasca meluncurkan Honda Verza 150 yang turut menganut sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

"Penerapan Euro 3 akan efektif pada bulan Juni 2013. Honda telah siap dengan model-model yang ramah lingkungan," buka Yusuke Hori yang juga menyebutkan bahwa Honda Verza adalah motor injeksi ke 10 Honda yang telah dipasarkan di Indonesia.

"Kami juga akan mempercepat alih teknologi ke injeksi," lanjutnya lagi. Artinya, motor-motor Honda yang masih berkarburator akan segera di injeksikan pada tahun ini. Meski begitu, belum semua motor Honda yang berteknologi injeksi telah lolos Euro 3.

Memang motor-motor Honda yang ada saat ini masih Euro 2, sama seperti regulasi yang berlaku saat ini. Tentu akan ada penyesuaian lagi jelang aturan emisi Euro 3. "Ya, saat ini masih menggunakan regulasi euro2, tapi nanti saat aplikasi euro3 diberlakukan akan dilakukan perubahan," jelas Katsuya Abe, Chief Engineer, Honda R&D Co.Ltd.

Tak perlu khawatir karena perubahan yang dilakukan Honda sedikit sekali. Dengan spesifikasi sekarang saja, pihak Honda mengaku sangat mudah untuk membuat motor-motornya lolos Euro 3. Pasalnya kadar HC (hidro karbon), NOX (natrium oksida), dan CO (karbon monoksida) pada sepeda motor injeksi Honda diklaim sudah sangat rendah.

"Ubahan minor saja, paling ada up grade di catalytic converter atau komponen lainnya. Tapi sangat mudah untuk melakukannya," jelas Alex Batubara dari Honda R&D South East Asia (HRS) Indonesia.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine