Beranda / Berita / Hari Bersejarah

Inilah Hari Bersejarah bagi Honda

Tanggal : , Penulis : Federal Oil Team

Inilah Hari Bersejarah bagi Honda

Feders-Pabrikan Honda salah Industri besar di dunia otomotif, mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat mereka ciptakan.

Tidak hanya itu, Honda juga ikut berpartisipasi dalam ajang balap mobil dan motor paling bergengsi dunia, yaitu F1 dan MotoGP.

Namun, tahukah Feders, bahwa 17 November ternyata hari yang bersejarah bagi pabrikan Honda? Ternyata, sang pendiri pabrikan Honda, Soichiro Honda, lahir pada hari ini (17 November).

Soichiro Honda tepatnya lahir di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang pada tanggal 17 November 1906. Semasa kecil, Soichiro Honda menghabiskan waktu untuk membantu ayahnya mereparasi sepeda.

Baca Juga

  • Keren! Kontrak Crutchlow dengan Tim LCR Honda Diperpanjang

Pada usia 15 tahun, Honda kecil pindah ke Tokyo untuk mencari pekerjaan tanpa menempuh jenjang pendidikan formal. Tahun 1922, Soichiro Honda bekerja magang selama 6 tahun pada sebuah bengkel.

Namun, pada tahun 1928, tepatnya pada usia 22 tahun, Soichiro Honda kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobil.

Tak hanya itu, Soichiro Honda ternyata menyukai balapan otomotif dan pernah membuat rekor kecepatan pada tahun 1936.

Karena mengalami kecelakaan hebat, Honda akhirnya dibujuk istrinya, Sachi Honda, untuk berhenti balapan. Soichiro Honda pun berhenti dan berkonsentrasi pada usaha otomotifnya.

Tahun 1937, bisnis Honda pindah ke pembuatan ring piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS, Tokai Seiki Heavy Industry).

Namun, pada tahun 1948, Soichiro Honda menjual IBTS pada Toyota seharga 450.000 Yen atau sekitar Rp 54 Miliar jika dihitung pada tahun 2017.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine