Beranda
Berita
Produk
Tim Federal Oil - Gresini
Tentang Kami
Hubungi Kami
Beranda / Berita / Tips Main Motor Cross Untuk Pemula

Baru Pemula Main Motor Trail, Begini Tipsnya Biar Aman

Tanggal : , Penulis : Admin

Baru Pemula Main Motor Trail, Begini Tipsnya Biar Aman


FedersJangan coba menunggangi motor trail jika belum mengerti caranya. Motor ini jauh berbeda dengan motor harian untuk jalan raya. Torsinya tinggi, tongkrongannya juga sama. Yamaha Riding Academy (YRA) punya beberapa tips awal riding motor trail.

Tips ini dikeluarkan untuk para off roader mania, terutama pemula yang pas dengan motor Yamaha WR 155 R. Tip ini bisa digunakan untuk menemani pecinta adventure agar pengalaman berkendara lebih menyenangkan lagi baik di jalur on road maupun off road

Dengan menerapkan tips berkendara ini, akan membantu off roader untuk lebih mudah memahami cara riding yang tepat, serta merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dan lebih percaya diri.

Saat akan naik sepeda motor :

Posisi pengendara di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping.
Posisikan handle / stang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.
Saat akan berhenti :

Saat berhenti pastikan di tanah rata atau gundukan supaya menjaga keseimbangan motor.
Posisi motor pada gear 1 dan lever kopling ditarik agar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan untuk menjalankan motor kembali.
Gunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali.
Saat akan turun dari sepeda motor :

Gunakan gear 1 (di jalan tidak rata) agar motor tidak bergerak, netralkan gear (di jalan rata). Matikan mesin motor.
Handle / stang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.
Pengendara turun ke sebelah kiri motor.

Saat berbelok :

Arah pandangan ke arah tujuan berikutnya supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur tersebut. Atur power motor dengan pengoperasian gas yang halus agar ban tidak selip. Posisi badan melawan kemiringan motor (lean out) dan duduk agak maju agar mudah memegang handle.

Posisi kaki mendekap tangki motor (bagian luar tikungan) dan bagian kaki lainnya (bagian dalam tikungan) diluruskan agar keseimbangan motor tetap terjaga.
Jika belum mengenal jalur dengan baik, gunakan kecepatan rendah atau yang aman agar tetap safety.