Beranda / Berita / Cara Perawatan Motor Sendiri

Cara Perawatan Motor Sendiri, Bisa Dikerjakan di Rumah Saat Akhir Pekan

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Cara Perawatan Motor Sendiri, Bisa Dikerjakan di Rumah Saat Akhir Pekan


Kondisi standar samping atau standar tengah yang keras atau macet tersebut bukan disebabkan karena umurnya yang membuat hal tersebut menjadi berkarat akan tetapi hal tersebut dikarenakan debu dan air hujan yang menjadi karat. Kejadian macet atau keras pada standar tengah dan standar samping bisa kita hindari jika kita rajin memberikan pelumasan.


Cukup simpel untuk merawat standar tengah dan standar samping, cukup semprotkan dengan pelumas khusus seperti Rexco 50. Rexco 50 sendiri adalah Pelumas Serbaguna yang fungsi utamanya melindungi dari karat, memudahkan pelepasan baut, menghilangkan bunyi-bunyi, menghilangkan kelembaban, atau air, melindungi dari ancaman korosi, membersihkan dan menghilangkan oli , minyak, tar, aspal, hingga debu.


3. Rantai

Perawatan mudah lainnya yang bisa kita kerjakan sendiri di rumah adalah merawat rantai. Masalah pada rantai yang umum adalah mudah kendor dan kering bahkan sampai berkarat. Karat bisa muncul karena kita jarang memperhatikan kebersihan Rantai, terutama usai digunakan dan terkena kotoran serta air hujan.


Rantai yang kering dan berkarat akan lebih cepat aus, bahkan akan timbul suara berisik saat motor sedang berjalan. Cara merawat rantai motor pun tidak sulit, Rantai cukup sering kita semprot menggunakan pelumas khusus rantai. Jangan lakukan melumasi rantai menggunakan oli bekas atau gemuk karena justru bisa menambah kotor permukaan komponen tersebut. Salah satu pelumas yang bisa digunakan untuk  rantai adalah menggunakan Rexco 25 setiap seminggu sekali agar tidak mudah kering dan tidak menimbulkan suara berisik. Jika rantai terawat, maka rantai akan lebih awet tidak mudah aus.


4. Tombol Saklar

Sering kali kita jumpai saklar motor kita dibagian tombol lampu sein seret atau keras ketika digunakan, atau klakson tidak bunyi ketika tombol klakson kita pencet. Hal ini sering terjadi terutama yang sering parkir di tempat terbuka, sehingga terpapar hujan dan panas. Tombol-tombol di saklar akan mudah kering, banyak kotoran dan berkarat.


Agar tombol-tombol di saklar tidak mudah seret dan selalu berfungsi normal, lakukan penyemprotan secara berkala, semprotkan pelumas ke bagian celah-celah tombol, kemudian tombol dipencet-pencet secara bergantian agar proses pelumasan bisa maksimal.


5. Pedal Rem, Footstep dan Kick Starter

Pada musim hujan seperti sekarang ini, piranti motor yang terbuat dari bahan besi akan lebih mudah berkarat terutama pada bagian part yang sering digerakkan dalam menggunakannya seperti pada Footstep, Kick starter atau pada Pedal Rem.