Dua Jenis Oli Yang Harus Diganti Di Motor Matic
Federal Oil - Buat yang baru punya motor matic jangan sampai salah, ada dua jenis oli yang harus diganti.
Oli apa saja yang harus diganti pada motor matic selain oli mesin?
Sepeda motor matic berbeda dengan motor bebek dan motor sport, di motor matic ada dua jenis oli yang harus rutin diganti oli mesin dan oli gardan.
Nah oli gardan atau gear oli ini sering diabaikan oleh pemilik motor matic, padahal sama-sama penting.
Pelumas tersebut memiliki fungsi untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan dalam boks gardan.
Dengan adanya oli maka kinerja komponen transmisi motor matic bisa bekerja dengan maksimal.
Untuk waktu penggantian oli gardan, ada perbedaan dengan interval waktu penggantian oli mesin.
Jika oli mesin disarankan gant setiap 2000 sampai 3000 km, menyesuaikan kondisi jalan yang dilalui.
Nah untuk penggantian oli gardan disarankan setiap 8000 km.
Apakah ada efek jika oli gardan sering telat diganti ?
Setiap perawatan yang tidak memenuhi standar waktu yang ditentukan pasti akan memiliki efek buruk pada motor.
Efeknya jika oli gardan sering telat atau jarang diganti dapat merusaka salah satu komponen dan membuat kinerja transmisi motor matic tidak maksimal.
Adapun ciri jika ada kerusakan akibat oli gardan tak pernah diganti ialah suara kasar yang ditimbulkan dari dalam boks CVT pada skuter matik.
Suara kasar yang timbul tersebut akibat oli gardan yang jarang diganti karena oli transmisinya tidak bisa bekerja secara maksimal. Kekentalan oli yang berkurang juga membuat gesekan antar komponen.
Untuk Feders, kamu bisa pakai Federal Gear Oil, spesifikasinya sudah disesuaikan untuk semua motor matic terkini yang bisa didapatkan di bengkel rekanan Federal Oil™, yaitu Federal Oil™ Center terdekat dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, serta Official Online Store yang dimiliki oleh store Federal Oil™ di Tokopedia dan Shopee.
(federaloil.co.id)