Tips dan Trik Aman Melakukan Pengereman Motor Matic Di Jalur Menurun
Federal Oil - Motor matic saat ini sepertinya sudah menjamur dimana-mana, kemudahan yang diberikan dengan bermacam model pun menjadi primadona bagi para pengendara.
Meskipun begitu banyak pengendara yang belum paham mengenai teknik-teknik berkendara di motor matic, salah satunya adalah teknik untuk melakukan pengereman di jalanan menurun.
Beberapa waktu lalu juga sempat beredar mengenai pengendara motor yang tidak bisa melakukan pengereman di jalur menurun sehingga harus mengalami kecelakaan dan motornya bahkan menyangkut di dahan pohon.
Ketika dihadapkan dengan jalanan menurun dan agak panjang, banyak pengendara motor matic cenderung menahan tuas rem depan atau belakang secara terus menerus, padahal tuas rem yang ditekan terus menerus itu dapat membuat piringan cakram dan teromol menjadi panas dan aus.
Dampaknya, rem kalian bisa blong seketika lho.
Terlebih lagi, di motor dengan transmisi otomatis tidak ada fitur engine break ala motor-motor dengan mesin bertransmisi konvensional, jadinya ketika gas ditutup tetap akan ndelosor saja jika tidak menekan tuas rem.
Ketika akan melewati jalur menurun, baiknya turunkan kecepatan motor terlebih dahulu, ini agar motor lebih bisa dikontrol ketika meluncur turun, baru kemudian tarik tuas rem dan dilepas secara konstan dan berulang.
Jika ada bau terbakar, maka baiknya berhenti terlebih dahulu karena bisa berbahaya bagi sektor pengereman motor.
Meskipun tidak ada engine break seperti di motor-motor bebek atau sport, mainkan tuas gas sambil mengerem agar momentum motor melambat.
Ulangi cara mengerem seperti itu hingga batas kecepatan aman di jalanan menurun.