Beranda / Moto2 / Regulasi

Regulasi Baru di MotoGP Phillip Island, Tak Hanya Pangkas Jumlah Lap

Tanggal : , Penulis : admin

Regulasi Baru di MotoGP Phillip Island, Tak Hanya Pangkas Jumlah Lap

Setelah melihat hasil kualifikasi yang berlangsung Sabtu (19/20), penyelenggara balap MotoGP memberlakukan regulasi baru di seri MotoGP Phillip Island, Australia.

Selain pemangkasan jumlah lap menjadi 19 lap, pihak MotoGP juga memberlakukan regulasi lain untuk seluruh tim yang berlaga di kelas paling bergengsi ini. Dan ini menjadi sejarah pertama bagi gelaran MotoGP.

Kondisi aspal yang baru di Phillip Island membuat penyuplai ban MotoGP, Bridgestone tak yakin ban tersebut bisa bertahan setelah pembalap melakoni 10 lap. Aspal tersebut membuat kondisi ban lebih cepat panas dan kompon lebih cepat habis. Berikut adalah regulasi lengkap yang dilansir MotoGP untuk seri Phillip Island :

1.    Jumlah lap menjadi 19 lap.
2.    Setiap pembalap maksimal harus menjalani pit stop di akhir lap 10.
3.    Semua pembalap tidak diperbolehkan menjalani lebih dari 10 lap.
4.    Balapan akan ditentukan penggunaan ban untuk sirkuit basah atau ban untuk sirkuit kering.
5.    Jika balapan berlangsung dalam kondisi kering, kemudian sirkuit basah, maka balapan bakal dihentikan. Kemudian di restart dengan kondisi simulasi 19 lap. Artinya balapan maksimal bakal berlangsung sebanyak 10 lap dan minimal sebanyak 5 lap.
6.    Semua motor prototipe (pabrikan dan satelit) akan menggunakan tipe ban B51DR dan akan diatur pasokannya oleh Bridgestone.
7.    Semua motor CRT (tim privatir) akan menggunakan tipe ban B50DR dan akan diatur pasokannya oleh Bridgestone.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine