Beranda / Berita / Pencipta Motor Pertama

Siapakah Pencipta Sepeda Motor Pertama di Dunia ?

Tanggal : , Penulis : Ric

Siapakah Pencipta Sepeda Motor Pertama di Dunia ?

Feders-Siapakah pencipta sepeda motor pertama di dunia? Sebuah pertanyaan sederhana, tapi jawabannya cukup rumit. 

Beberapa eksperimen telah dilakukan para praktisi dan akademisi untuk menciptakan kendaraan roda dua. Apalagi di masa revolusi industri, ada banyak eksperimen mulai dari motor bertenaga uap, pembakaran internal, listrik dan semua jenis teknologi baru. 

Eksperimen dan mesin-mesin yang mereka hasilkan dibuat di gudang serta bengkel seluruh dunia. Setelah mereka tiada cepat hancur dan diambil bagian-bagian tertentu untuk penemuan berikutnya. 

Ini berarti, tidak ada yang benar-benar tahu sepeda motor pertama atau siapa yang menciptakannya. Dikutip dari Ride Apart, sebenarnya ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini, dan semuanya benar.

Beberapa sumber mengatakan, seorang pria Prancis bernama Ernest Michaux, anak seorang pandai besi dan Pierre Michaux menciptakan sepeda motor pertama ketika memasang salah satu mesin uap Louis-Guillaume Perreax pada sepeda yang diproduksi bisnis keluarga. Mereka menyebutnya Velocipede Michaux-Perreaux. Nama mewah? Kendaraan ini dibangun antara 1867 dan 1871.

Sepada motor Velocipede Michaux-Perreaux sampai kini masih hidup dan disimpan di Guggenheim Museum's 1998 Art of the Motorcycle.

Sumber-sumber lain mengklaim bahwa seorang pria bernama Sylvester Roper dari Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) sebagai pembuat sepeda motor pertama. Seperti Michaux, mereka memasang mesin uap di sepeda. Roper menjual motor Roper Steam Velocipede pada akhir 1860-an sampai kematiannya pada 1896.

Roper memamerkan motor uap generasi kedua di Jalur Sepeda Charles River, Cambridge, Massachusetts, AS, pada 1 Juni 1896. Dia berhasil melajukan kendaraannya pada kecepatan 40 mil per jam. Dia meninggal di usia 72 tahun karena melakukan sesuatu yang dicintai.

Klaim motor pertama berikutnya, adalah Diamler Petroleum Reitwagen. Dibangun oleh pasangan Gottleib Daimler dan William Maybach pada 1885, Reitwagen adalah (menurut sumber-sumber sejarah) motor bertenaga gas pertama yang diproduksi secara komersial.

Motor ini terbuat dari kayu, memiliki roda kayu dengan ban besi seperti kereta tua, rem belakang tunggal, dan pelana yang tampak kurang nyaman. Motor ini didukung mesin 264cc, berpendingin udara, empat-stroke tunggal yang dikawinkan dengan drive belt kecepatan tunggal untuk transmisi. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine