Beranda / Berita / Federal Forcemaxx

Ini Sejarahnya Motor Matik, Bukan Yamaha Nouvo Yang Pertama

Tanggal : , Penulis : Ric

Ini Sejarahnya Motor Matik, Bukan Yamaha Nouvo Yang Pertama

Feders-Motor matic saat ini merupakan jenis motor terlaris di Indonesia. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari 10 motor terlaris di tahun 2017 karena 7 diantaranya adalah motor matic. Karena itu kita akan membahas mengenai sejarah lahirnya motor matic dan perkembangannya sampai menjadi motor terlaris seperti sekarang ini.

Motor matic pertama kali dicetuskan oleh perusahaan Piaggio dengan mengeluarkan Vespa Corsa 125. Vespa Corsa 125 merupakan motor matic pertama di dunia yang dibuat pada tahun 1984.

Pada awalnya perusahaan Piaggio yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio di Genoa, Italia pada tahun 1884 memproduksi peralatan kapal, di akhir abad piaggio juga memproduksi rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin, dan kereta api.

Motor Vespa dibentuk oleh Corradina D’Ascaino yang merupakan insinyur di bidang penerbangan. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan.

Awal mulanya D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban sebuah pesawat sedang mendarat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yang terinspirasi dari pesawat dan sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

 

Vespa Corsa 125 dibuat pada tahun 1991-2006 oleh PT. Dan Motor Indonesia (DMI) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Vespa di Indonesia dengan lisensi penuh dari Piaggio Italy. Di awal

kemunculannya Vespa Corsa 125 mendapat antusias yang cukup baik dari para penggemarnya dan sempat mejadi tren gaya bermotor untuk kaum wanita karena transmisi automatic-nya. Vespa Corsa bermesin 2 tak 121cc, ukuran Bore x Stroke sebesar 55x51mm dan menghasilkan tenaga max sebesar 6,87 horse power pada putaran mesin 5.600 rpm dan dapat berlari hingga kecepatan max 90km/jam.

Sistem pencampuran oli sampingnya berlangsung secara otomatis dan untuk karburatornya menggunakan merek yang biasa digunakan motor Vespa yakni merek DellOrto Tipe 19E. Corsa menggunakan dual starter untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter dan kick starter. Bagian roda depan dan belakang Corsa menggunakan ban berukuran 3.00 x 10" dengan sistem rem tipe drum.

Design Vespa Corsa 125 memiliki bentuk tubuh yang klasik modern seperti layaknya tongkrongan Vespa Matik terbaru, dimensi tubuhnya lebih kecil dari kebanyakan model Vespa lainnya karena menggunakan platform Vespa small.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine