Beranda / Berita / Triple Comfort Formula

Alasan Mengapa Motor Injeksi Lebih Irit BBM Dibandingkan Karburator

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Alasan Mengapa Motor Injeksi Lebih Irit BBM Dibandingkan Karburator

Federal Oil - Seiring perkembangan teknologi, motor injeksi secara luas diakui lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan motor karburator

Untuk sepeda motor modern saat ini, tampaknya semua sudah menggunakan injeksi sebagai pengabut bahan bakarnya, menggantikan teknologi karburator yang telah ada sebelumnya.

Namun sebagai pengendara, tentunya penggunaan teknologi injeksi ini sangat berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar sepeda motornya karena dinilai akan lebih irit dalam penggunaannya.

Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa motor injeksi memiliki efisiensi yang lebih baik dalam hal konsumsi bahan bakar

Pada dasarnya, injeksi maupun karburator memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai komponen yang bisa menyemprotkan bensin sebagai bahan bakar kedalam ruang bakar atau mesin.

Fungsi injeksi sepenuhnya dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi otak pengaturan asupan bahan bakar yang sesuai penggunaannya di sepeda motor.

ECU juga mengatur banyaknya asupan bensin yang masuk dan dibakar serta banyaknya asupan udara yang perlu disesuaikan juga kedalam ruang bakar agar seluruh pembakaran sempurna.

Injeksi juga mampu mengatur campuran udara dan bahan bakar secara lebih baik daripada karburator. Dengan menggunakan teknologi sensor yang canggih, motor injeksi dapat menyesuaikan campuran udara dan bahan bakar untuk kondisi jalan yang berbeda, seperti saat akselerasi atau saat melaju stabil.

Ini menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Dari sisi perawatan juga ternyata teknologi injeksi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan karburator yang bisa saja harus secara rutin dibersihkan dari geram atau kotoran yang ada dan masuk dari bagian tangki motor.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine