Beranda / Berita / Federal Ultratec

Ini Motor Pertama Honda di Indonesia

Tanggal : , Penulis : Ric

Ini Motor Pertama Honda di Indonesia

Feders-Pasti sudah pada tahukan merek motor Honda ? Tapi kalian tahu gak motor yang diproduksi pertama kali oleh honda ?

Honda pertama kali merakit motor di Indonesia pada 1971. Dan motor rakitan Honda di Indonesia pertama kali adalah S 90 Z.

Honda S 90 Z rakitan pertama di Indonesia dipajang di Museum Astra di Gedung Astra International, di Sunter, Jakarta Utara. Motor yang dipajang ini adalah S 90 Z produksi kloter pertama.

Baca Juga

  • Ini Kelebihan Federal Racing Yang Buat Motor Kamu Spesial

Honda S 90 Z pertama kali dirakit oleh PT Federal Motor (perusahaan sebelum bernama PT Astra Honda Motor). Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit motor, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

Sejak pertama diproduksi, motor yang dipajang di Museum Astra ini belum jalan ke mana-mana. Kilometer yang tercatat di odometernya juga sangat rendah, hanya menunjukkan angka 11,3 kilometer. Itu pun, menurut salah seorang karyawan Astra International, mungkin hanya jarak ketika motor keluar dari pabrik.

Honda S 90 Z menggendong mesin 4 tak berkapasitas 90 cc. Mesin itu berkonfigurasi 1 silinder, OHC, pendingin udara. Pada masanya, mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 8 daya kuda pada 9.500 rpm dengan torsi maksimal 6,3 Nm.

Motor itu diproduksi 1971 sampai 1976. Volume penjualan motor itu--menurut data yang terpampang di dekat motor yang dipajang di Museum Astra--mencapai 90.600 unit.

Tampilannya begitu klasik. Mengingatkan siapa saja ke masa lalu. Motor masih pakai pelek jari-jari, spatbor depan berbahan logam, lampu depan bulat disertai lampu sein terpisah berwarna oranye.

Begitu juga dengan joknya yang rata dan tebal. Tampilannya begitu sederhana, tapi memiliki daya tarik pada masanya.(Federaloil.co.id)
Sumber detikoto.com

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine