Beranda / Berita / Tips Safety Riding

Perhatikan Ini Supaya Aman Saat Berkendara

Tanggal : , Penulis : Ric

Perhatikan Ini Supaya Aman Saat Berkendara

Feders-Berkendara motor memang praktis dan banyak bisa menghemat waktu, tapi kamu tetap harus memperhatikan keselamatan dan keamanan saat mengendarai motor.

Berikut ini adalah beberapa kiat agar tetap aman berkendara:

Selalu gunakan helm dengan tepat
Berdasarkan penelitian, pengendara motor yang tidak menggunakan helm akan berisiko mengalami cedera kepala 5 kali lipat lebih parah.

Pastikan helm yang digunakan memenuhi standar, yakni sesuai ukuran kepala (tidak terlalu besar atau terlalu sempit), melindungi seluruh bagian kepala (termasuk sisi samping kepala), menutup wajah dan memiliki ventilasi udara yang baik.

Gunakan perlengkapan yang sesuai
Menggunakan perlengkapan yang sesuai saat berkendara motor tak kalah penting. Gunakan sepatu yang tepat (semisal sepatu boot dengan sol anti slip) dan sarung tangan anti–slip agar dapat menggenggam stang motor dengan mantap.

Untuk pakaian saat berkendara motor, pastikan menggunakan jaket untuk melindungi diri dari angin kencang. Kamu juga bisa menggunakan jaket atau pakaian yang dapat menyala dalam gelap (seperti yang digunakan polisi lalu lintas) saat berkendara di malam hari.

Ikuti peraturan lalu lintas
Tetaplah perhatikan batas kecepatan dan ikuti peraturan lalu lintas saat  berkendara. Hindari menerobos lampu merah atau bahkan palang kereta api yang sudah menutup meski terlihat aman–aman saja. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi jika tidak fokus saat berkendara. Kecelakaan dapat mengintai kapan saja.

Pastikan kemampuan berkendara
Saat ini dengan berbagai kemudahan yang bisa didapat, siapa saja bisa berkendara motor dengan mudahnya. Ketahui kemampuan diri kamu saat berkendara. Jika merasa belum cukup ahli dalam mengendarai motor, teruslah berlatih sebelum turun ke jalanan, agar tidak berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sebaiknya hindari juga memperbolehkan anak di bawah umur untuk mengendarai motor. Selain belum legal secara peraturan, anak di bawah umur seringkali belum memiliki pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan.

Cek ulang motor
Sebelum berkendara motor, yang tak kalah penting adalah mengecek motor Anda. Pastikan tidak ada ban yang bocor, mesin dan radiator sudah baik, rem sudah pakem, klakson dan lampu menyala, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine