Beranda / Berita / Spesialis Teknik

Spesialis Teknik : Ring Piston Sebagai Penyempurna Kompresi

Tanggal : , Penulis : adit

Spesialis Teknik : Ring Piston Sebagai Penyempurna Kompresi

Meski piston disebut sebagai jantungnya sebuah mesin karena tugasnya memompa kompresi dan merubahnya menjadi gaya gerak, namun piston memerlukan ring piston agar kompresi terjadi secara sempurna.

Kerenggangan piston terhadap dinding silinder disempurnakan ring piston, seperti diketahui piston memiliki celah terhadap dinding silinder. Pada mesin 4 langkah terdapat 3 ring piston dengan bentuk dan tugas yang berbeda.


 

Ring piston menempel melingkar pada dinding piston, posisinya di bagian atas piston, biasa disebut ring 1,2 dan 3. Ring piston mempunyai fungsi yang penting, sama seperti piston itu sendiri.

Ring piston yang berada di posisi teratas atau disebut ring 1 memiliki fungsi menahan tekanan kompresi, proses terjadinya kompresi dan ledakan pada kubah silinder disempurnakan oleh ring piston ini.

Selanjutnya ring piston kedua atau ring 2 juga berfungsi sebagai ring kompresi, lebih tepat berfungsi sebagai sil kompresi untuk menjaga dan menahan kebocoran dari ring pertama. Ring ini pun bertugas menyapu pelumas di dinding silinder.


 

Meski pelumas dibutuhkan di area kontak antara piston dan dinding siinder, namun pelumas tidak boleh naik keatas melebihi ring 1.

Ring 3 atau biasa disebut ring cacing juga memiliki tugas yang tidak kalah penting, sebagai ring tempat penyimpanan dan pembawa pelumas bagi piston dan liner (dinding silinder). Bentuknya yang berulir memungkinkan ring yang juga disebut sebagai ring oli ini membawa pelumas untuk meminimalisir gesekan.

Tak heran pelumas yang berkualitas sangat diperlukan agar mesin motor Feders berada dalam kondisi puncak. Gesekan yang terjadi secara terus menerus didalam mesin membutuhkan pelumas yang memberikan perlindungan terhadap komponen bergerak yang saling bergesek.

Pelumas wajib membuat suhu didalam mesin tetap stabil, jika pelumas tidak dapat melakukan hal tersebut maka piston dan silinder akan memuai melebihi batas toleransi yang akhirnya akan terjadi gagal kerja pada mesin.

Federal Oil yang Spesialis Dingin memiliki formula yang dapat melindungi mesin dari keausan dan kerusakan akibat proses kerjanya. Semakin minim gesekan yang terjadi di ruang bakar maka semakin ringan mesin bekerja yang hasilnya ada semakin banyak daya yang tercipta.

Itulah mengapa Feders harus pakai pelumas yang spesial, pelumas yang terpercaya melindungi mesin. (federaloil.co.id)

 

 

(Disarikan dari berbagai sumber)






 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine