Beranda / Berita / Balap Motogp

Fakta Unik Mengenai Cara Oper Gigi di MotoGP

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Fakta Unik Mengenai Cara Oper Gigi di MotoGP

 

Federal Oil - Motor-motor di balapan MotoGP adalah simbol kecepatan dan teknologi paling canggih dalam dunia balap motor. 

Salah satu aspek krusial dari performa motor MotoGP adalah bagaimana cara para pembalap mengoper gigi dengan presisi dan pada kecepatan yang luar biasa kencangnya. 

Jika Feders penasaran, berikut adalah beberapa hal yang menarik tentang teknik oper gigi pada motor MotoGP.

1. Transmisi Motor Berbentuk Sekuensial 

Motor MotoGP menggunakan transmisi sekuensial, yang berarti pengendara dapat mengubah gigi satu per satu secara berurutan tanpa perlu menggunakan kopling. 

Ini memungkinkan perpindahan gigi yang cepat dan responsif, memungkinkan pengendara untuk tetap fokus pada lintasan dan kecepatan.

2. Ada Paddle Shift System

Sebagian besar motor MotoGP dilengkapi dengan sistem paddle shift yang terletak di dekat pegangan gas. 

Dengan menggunakan paddle shift, pengendara dapat mengoper gigi dengan cepat dan tepat dengan hanya menggunakan jari, tanpa harus melepaskan pegangan.

3. Kontrol Elektronik Yang Canggih

Sistem transmisi pada motor MotoGP juga dilengkapi dengan kontrol elektronik canggih yang memantau dan mengatur perpindahan gigi secara otomatis. 

Ini membantu dalam memaksimalkan performa mesin dan memastikan perpindahan gigi yang mulus dan efisien.

4. Penyesuaian Gigi

Selama balapan, pengendara dapat menyesuaikan pengaturan gigi sesuai dengan karakteristik lintasan dan kondisi cuaca. 

Ini juga memungkinkan para pembalap untuk mengoptimalkan akselerasi dan kecepatan maksimal motor sesuai dengan kebutuhan saat itu.

5. Pelatihan dan Pengalaman Para Pembalap

Operasi gigi pada motor MotoGP membutuhkan keterampilan dan kepekaan yang tinggi dari pengendara. 

Pelatihan yang cukup intensif dan pengalaman balap yang tentunya juga telah tinggi bisa membantu para pengendara mengembangkan kemampuan mereka dalam mengoper gigi dengan presisi dan kecepatan yang diperlukan.

Ditambahkan menurut MotorPlus, pola oper gigi di motor balap atau motor MotoGP itu dari posisi gigi Netral (N) untuk masuk ke gigi 1 dilakukan dengan dicungkil.

Kemudian untuk oper gigi 2 dan seterusnya hingga gigi paling 6 cara opernya dengan menekannya.

Dengan kombinasi dari teknologi canggih, sistem transmisi sekuensial, dan keterampilan pengendara yang luar biasa, motor MotoGP dapat mencapai performa yang spektakuler di lintasan balap. 

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine