Beranda / Berita / Asal

Asal Mula Traffic Light, Sangat Unik Feders

Tanggal : , Penulis : adit

Asal Mula Traffic Light, Sangat Unik Feders

Lampu lalu lintas atau di Indonesia disebut dengan 'lampu merah' pertama kali muncul bukan seperti sekarang ini yang memiliki 3 macam warna lampu. Pada tahun 1863 di Inggris lampu lalu lintas masih berupa sinyal 'stop and go'namun karena penggunaan lampu ini memiliki banyak kelemahan maka tidak dipergunakan lagi.

Lester Farnsworth Wire tercatat sebagai penemu lampu lalu lintas yang dia ciptakan karena melihat kecelakaan antara mobil dan kereta kuda di persimpangan jalan.

Pertama kali dikenalkan lampu lalu lintas secara otomatis pada Maret 1922 di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Pada awal tahun 1920, lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan, AS.

Lalu pada tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas. Namun di Inggris, lampu lalu lintas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927. Morgan juga merasa sinyal stop dan go memiliki kelemahan, yaitu nggak adanya interval waktu bagi pengguna jalan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan.

Penemuan Morgan ini memiliki kontribusi yang cukup besar bagi pengaturan lalu lintas, dia menciptakan lampu lalu lintas berbentuk huruf T. Lampu ini terdiri dari tiga lampu, yaitu sinyal stop (ditandai dengan lampu merah), go (lampu hijau), posisi stop (lampu kuning).

Lampu kuning inilah yang memberikan interval waktu untuk mulai berjalan atau mulai berhenti. Lampu kuning juga memberi kesempatan untuk berhenti dan berjalan secara perlahan. Karena fungsinya yang vital bagi keselamatan berkendara, lampu lalu lintas sekarang digunakan di seluruh dunia. (federaloil.co.id) 

qCB6q37v

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine