Beranda / Berita / Oli Gardan

Jangan Abaikan Ini Gejala Oli Gardan Motor Matic yang Harus Segera Diganti

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Jangan Abaikan Ini Gejala Oli Gardan Motor Matic yang Harus Segera Diganti

Federal Oil - Pada motor matic atau motor yang menggunakan transmisi otomatis ada dua jenis pelumas, yakni oli mesin dan oli transmisi atau bisa disebut juga sebagai oli gardan. 

Hal ini dikarenakan adanya komponen tambahan pada mesin motor matic, yakni boks Continuously Variable Transmission (CVT) yang membutuhkan pelumas juga. 

Walaupun memiliki usia pakai yang lebih lama dari oli mesin, oli gardan juga perlu diganti secara berkala.

Untuk waktu yang ideal ganti oli gardan motor matic, setelah menempuh jarak 8000 km atau jika motor sudah berusia 8 bulan, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

Oli gardan bisa bertahan lebih lama dari oli mesin karena oli mesin bekerja lebih berat sementara oli gardan hanya melumasi roda gigi motor saja.

Tujuan mengganti oli transmisi secara rutin supaya perpindahan transmisi otomatis pada motor tetap lancar dan membuat CVT lebih tahan lama atau awet.

Adapun ciri-ciri jika oli gardan harus diganti jika sudah mulai ada suara berisik pada boks CVT, suara tersebut tentunya sangat mengganggu.

Supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal pada bagian gear ratio, sebaiknya penggantian oli gardan juga harus rutin dan jangan sampai telat.

Buat kamu yang ingin ganti oli gardan menggunakan oli gardan terbaik, pakai Federal Matic Gear Oil.

Federal Matic Gear Oil cocok untuk semua jenis motor matic, memiliki spesifikasi 10W-30 API Service SJ.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine