Beranda / Berita / Airbag

Airbag Pebalap MotoGP, Wajib Pakai Mulai 2018

Tanggal : , Penulis : adit

Airbag Pebalap MotoGP, Wajib Pakai Mulai 2018

Balap MotoGP tidak hanya menjadi ajang uji prototype motor sport. Dimana pada akhirnya teknologi-teknologi yang berkembang pada balap tersebut akan juga diaplikasi pada motor sport produksi masal masing-masing pabrikan.

Begitu juga dengan apparel pebalap yang semakin canggih. Baru-baru ini komisi keselamatan MotoGP mengadakan pertemuan di Motegi dan memutuskan untuk mengubah sedikit mengenai mekanisme perlindungan keselamatan pebalap.

Aturan barunya telah diputuskan bahwa semua pebalap harus menggunakan baju balap berpelindung airbag mulai 2018.

Media Autoevolution menulis, keputusan ini muncul setelah diskusi dengan produsen perlengkapan berkendara yang terlibat dalam kejuaraaan. Penggunaan perlengkapan keselamatan berkantung udara dinilai menjadi langkah cerdas.

Teknologi pengembangan wearpack ber-airbag ini sudah dipelopori oleh Alpinestars dan Dainese. Dimana nantinya teknologi ini akan menjadi perlindungan pasif bagi rider ketika terjadi benturan akibat kecelakaan. Jaket berkantung udara secara drastis mengurangi cedera pada tulang selangka dan bahu.

Sistem airbag menggunakan algoritma yang dapat mendeteksi kecelakaan. Kantung udara akan mengembang penuh dan melindungi bagian tubuh pengendara sebelum terjadi benturan. Perlindungan akan menutupi bagian belakang, dada dan bahu. Diharapkan dengan adanya teknologi terbaru ini angka cidera pada pebalap akibat kecelakaan dalam balap paling bergengsi di dunia ini akan berkurang. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine