Beranda / Berita / Komparasi

Komparasi Tiga Skutik 110 cc Injeksi (bagian 3)

Tanggal : , Penulis : admin

Komparasi Tiga Skutik 110 cc Injeksi (bagian 3)

Setelah desain dan harga, pembahasan dari tiga skutik 110 cc injeksi berlanjut ke fitur. Masing-masing punya kelebihan. Baik fitur dan teknologi yang ada hubungannya dengan kemudahan berkendara dan akomodasi, juga teknologi mesin khususnya sistem injeksi bahan bakarnya.

Yang jelas semua motor ini sudah mengadopsi automatic headlamp on. Sedang untuk panel speedometernya, secara fungsi semuanya menawarkan fungsi informasi yang sama. Speedometer, odometer, indikator bensin, indikator lampu jauh, indikator sein dan indikator sistem injeksi. Bedanya cuma penempatan, tapi over all mudah dibaca baik siang maupun malam hari.

Untuk akomodasinya, semua punya konsol di bawah setang. Laci kecil ini ada dua kanan-kiri pada Honda BeAT FI dan Suzuki Nex. Sedang Mio J hanya ada satu saja di sebelah kiri. Sedang untuk bagasi di bawah joknya, Suzuki Nex harus mengakui kalau tempat menyimpan barang yang dimilikinya paling kecil dibanding kompetitornya. Bagasinya jadi sempit karena harus berbagi dengan rumah aki.

Yamaha Mio J punya bagasi di bawah dengan ukuran lumayan lega, volumenya 8,1 liter. Meski tidak terlalu dalam tapi mampu membawa dua set jas hujan model setelan plus piranti lain seperti sarung tangan. Tapi Honda BeAT FI hadir dengan bagasi paling lega, volumenya 11,2 liter. Bisa lebih besar karena aki dipindah ke dek pijakan kaki, bukan di boks bagasi seperti dua kompetitornya.

Masih soal akomodasi, tiap motor ini sama-sama punya gantungan barang. Bedanya, kalau Suzuki Nex FI dan BeAT FI agak tinggi di bawah setang. Sedang Mio J di bawah jok, rasanya jadi terlalu pendek. Bawa tas berukuran sedang, sudah enggak bisa nyantol.

Lanjut ke urusan safety. Untuk yang satu ini, Honda paling lengkap karena sudah memiliki side stand switch dan parking brake lock. Saat standar samping terbuka, mesin akan mati atau tidak bisa dihidupkan. Sedang parking brake lock berguna sebagai rem tangan ketika berhenti di jalan yang tidak datar. Pada varian tertingginya malah sudah dilengkapi dengan combine brake system (CBS), sekali rem belakang, rem depan otomatis ikut bekerja.

Di sisi safety, Yamaha hanya punya rumah kunci kontak dengan pengaman bermagnet. Meski BeAT FI juga punya, tapi pengoperasiannya lebih mudah pada Yamaha Mio J. Setelah melakukan kunci kontak, tinggal putar lingkaran luar rumah kunci kotaknya untuk menutup lubang kuncinya. Sedang Honda harus mendorong tuas kecil karena tidak otomatis menutup ketika anak kunci dicabut.

Untuk safety baik pengendara atau motor dari pencurian, Suzuki Nex FI paling minimalis. rumah kuncinya juga tidak dilengkapi pengaman bermagnet. Jangan lupa bawa kunci ganda atau gembok ya!

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine