Beranda / Berita / Ekspor Yamaha

Presiden Jokowi Apresiasi Yamaha Yang Sudah Mengekspor 1,5 Juta Motor

Tanggal : , Penulis : Ric

Presiden Jokowi Apresiasi Yamaha Yang Sudah Mengekspor 1,5 Juta Motor

Feders-PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) menggelar ceremony pelepasan ke 1,5 Juta ekspor motor Yamaha di pabrik perakitan mereka di bilangan Pulo Gadung Jakarta Timur (3/12). Acara tersebut turut dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Presiden mengatakan jika keadaan impor lebih besar dari ekspor merupakan permasalahan yang harus segera diatasi.

Maka dari itu dirinya sangat mengapresiasi PT YIMM yang telah meraih prestasi dengan pabrik jumlah ekspor terbesar di Indonesia, yakni 1,5 juta.

"Oleh sebab itu saya sangat senang hadir di Yamaha, karena di 2014 produksi untuk ekspor saat itu 23 ribu, sekarang sampai 338 ribu motor," kata Jojowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengatakan dengan berharap jika saat ini Yamaha mampu menyisihkan 25% untuk jatah ekspor dan 75% buat dalam negeri, maka 5 tahun ke depan akan berbalik.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi tingkat komponen dalam negeri produk motor Yamaha yang mencapai 94%.

Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94% serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi.

Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi Ekonomi Indonesia  dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Adapun motor-motor Yamaha yang telah masuk jalur ekspor di antaranya XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain yang di ekspor ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine