Beranda / Berita / Aman Naik Motor

Supaya Aman Melintasi Jalan Rusak, Begini Tipsnya

Tanggal : , Penulis : Admin

Supaya Aman Melintasi Jalan Rusak, Begini Tipsnya

Saat kita berkendara di jalan yang rusak seperti itu, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan kita.

Selain akan membuat kita cepat letih, melintasi jalan yang rusak juga sangat berbahaya karena rentan kecelakaan, bahkan bisa menyebabkan velg kita cepat rusak.

Buat kamu yang sering melintasi jalan rusak, berikut trik dan tipsnya supaya aman saat naik motor di jalan yang rusak.

1. Pandangan harus jauh ke depan saat kita berkendara, supaya kita bisa mengetahui kondisi jalan dan lalulintas yang hendak kita lalui, sehingga apa bila di depan ada lubang atau ada jalan yang rusak kita bisa menghindar dan memperlambat laju motor kita dari jauh.

2. Jika melintasi jalan rusak dengan kondisi lalu lintas yang padat, jaga jarak dengan kendaraan lain, usahakan jangan terlalu dekat terlebih dengan kendaraan besar atau mobil.

Jika kita terlalu mempet dengan kendaraan lain, akan sangat bahaya, ketika mobil goyang saat melewati lubang bisa-bisa kita tersenggol. Usahakan selalu konsentrasi.

3.Jika kamu mendadak melihat lubang, usahakan turunkan gas motor kamu dan rem depan belakang supaya tidak oleng atau slip. Bila memungkinkan lihat spion supaya saat menghindar kita benar-benar aman. 

Apabila jarak pengereman sangat pendek dan harus melintasi lubang, tetap turunkan gas dan angkat pinggul kamu diikuti lutut dan siku agak sedikit ditekut dan genggam stang kemudi dengan kuat.

Kenapa siku dan lutut harus sedikit ditekut ? Supaya saat menerobos lubang kaki dan tangan kamu tidak terlalu kaku sehingga kamu tidak terpental.

Bila mengetahui pengendara di depan akan menghadapi lubang, cobalah mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar. Langkah ini lebih baik daripada pengendara tersebut menghindar saat kita sedang di sebelahnya. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine