Cara Supaya Motor Matic Hemat BBM, Simak Tipsnya Berikut ini

Tanggal : 06 Desember 2022 , Penulis : Tim Konten

Cara Supaya Motor Matic Hemat BBM, Simak Tipsnya Berikut ini

Federal Oil - Bicara konsumsi bahan bakar sepeda motor, pilihan pelumas menjadi salah satu penentu boros tidaknya motor kamu. Seperti Federal Oli yang memiliki fitur-fitur berteknologi tinggi yang melindungi komponen mesin dari keausan juga membuat konsumsi bahan bakar lebih irit karena membuat kerja mesin lebih ringan.

Tapi tahukah kamu bahwa penentu boros tidaknya pemakaian bahan bakar ada di perlakuan pengguna sepeda motor itu sendiri, beberapa kebiasaan pengendara justru membuat teknologi mesin dan pelumas yang mampu menghemat bahan bakar menjadi tidak berarti.

Berikut kebiasaan yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros;

1. Terlalu Lama Memanaskan Mesin
Sebelum melakukan perjalanan, sudah menjadi kebiasaan banyak pengendara untuk memanaskan mesin terlebih dulu. Alasannya agar oli bersikulasi lancar ke semua bagian mesin dan motor pun sepenuhnya dalam kondisi siap digeber. Teknologi pada pelumas Federal Oil telah membuat oli menjadi lebih mudah bersirkulasi dan mencapai suhu ideal, proses ini tidak perlu memakan waktu yang lama, cukup 1-3 menit maka motor kamu sudah siap dipakai beraktifitas.

2. “Main Gas” Berlebihan
Saat melakukan perjalanan, jaga agar motor berada dalam putaran mesin yang konstan atau stabil agar BBM yang dikonsumsi juga stabil. Buka tutup gas saat berakselerasi juga harus dilakukan dengan halus. Nah, buat kamu yang punya kebiasaan geber-geber motor tanpa alasan yang jelas harus mulai dikurangi karena hal tersebut jelas membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

3. Teknik Pengereman
“Saat pengereman maksimalkan fungsi engine break (mengerem dengan tenaga mesin), dengan begitu tidak ada usaha gerakan kendaraan yang dihentikan paksa oleh rem. Semakin halus pengereman semakin irit pula BBM yang dikonsumsi,” kata Andry Berlianto, instruktur safety riding dari Jakarta Road Survival.

4. Matikan Mesin Saat Berhenti
Saat berhenti sebentar saat lampu merah di perempatan, sebaiknya matikan mesin motor. Sebenarnya pada sepeda motor yang sudah memiliki fitur idling stop system, bisa dilakukan secara otomatis. Tapi buat yang belum menggunakan idling stop system, bisa secara manual mengandalkan lampu lalu lintas yang saat ini menggunakan timer. Sehingga kita dapat memperhitungkan berapa lama akan berhenti, jika masih lama sebaiknya matikan mesin motor lebih dulu. (federaloil.co.id)

 

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk