Dampak Jika Tidak Pernah Ganti Oli Gardan Pada Motor Matic, Begini Rekomendasi Ahli

Tanggal : 09 Agustus 2022 , Penulis : Tim Konten

 Dampak Jika Tidak Pernah Ganti Oli Gardan Pada Motor Matic, Begini Rekomendasi Ahli

Biasanya dianjurkan untuk gear oil harus diganti setiap kelipatan 8000-12.000 km pemakaian atau bisa mengikuti instruksi dari mekanik. Sayangnya masih banyak pemilik motor matic yang meremehkan oli yang satu ini.

Padahal ada dampak buruk jika tidak rutin ganti oli gardan. Mau tahu apa dampak buruknya ? Simak penjelasan berdasarkan rekomendasi ahli berikut ini.

Agung Prayitno dari JGP Motorcycle di daerah Cidodol, Jakarta Selatan mengatakan, jika gear oil tidak pernah diganti akan berdampak buruk pada bagian gear box motor matic.

"Karena merasa saat dicek kondisi olinya masih bagus jika dilihat dari warna olinya. Padahal oli gardan ini memang kerjanya tidak berat sehingga warnanya cenderung tidak berubah meskipun sudah dipakai lama," kata Agung dikutip dari Gridoto.com.

Agung mengatakan, meski oli gardan jika dilihat secara kasat mata masih terlihat bagus, namun bisa saja, kinerja gear oil untuk melumasi tidak lagi maksimal.

"Oli gardan tentu punya masa pakai, kalau sifat pelumasannya sudah turun tentu bikin pelumasan di area girboks jadi jelek," tegasnya.

"Nanti girboks atau bearing-bearing di dalamnya itu jadi rusak, nah biaya perbaikannya malah tidak sedikit," wanti Agung.

" Dari pada komponen pentingnya rusak dan menghabiskan banyak biaya, sebaiknya ganti oli gardan secara berkala," tutup Agung.

Buat Feders, jangan lupa ganti secara rutin oli gardan motor matic kamu ya, gunakan selalu Federal Matic Gear Oil. Federal Matic Gear Oil mengandung Special Wear Protection Formula yang melancarkan perpindahan gigi transmisi secara otomatis.

Keunggulan lain memberikan perlindungan optimal terhadap keausan pada komponen berbahan dasar logam.

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk