Jangan Lupa Selalu Cek dan Buang Air di Dalam CVT Motor Matic Saat Musim Hujan Seperti Sekarang ini
Masalahnya adalah jika air itu sampai masuk ke rumah CVT. Motor pun jadi ngadat padahal mesin masih menyala. waduh!
Gejala ini dikarenakan part di dalam CVT terendam air dan masuk melalui lubang sirkulasi di bagian konstruksi pada komponen pemindah daya.
Alhasil, gerak putar puli pirimer dan sekunder yang ditopang V-Belt menjadi selip sehingga motor nggak mau jalan.
Kinerja puli jadi ngawur karena pada dasarnya komponen CVT sangat sensitif terhadap debu, oli dan air. Tapi tenang, masalah ini masih bisa diakali.
Caranya adalah buang endapan air di dalam rumah CVT lewat pembuangan yang tersedia. Jika sudah tidak ada yang tersisa, cobalah mengeringkannya dengan memanaskan motor sambil membuka gas secara perlahan. Jika roda belakang ikut berputar, tandanya V-belt sudah tidak bermasalah.
Yang tak kalah penting adalah membuang air di lubang pembuangan air. Pada Suzuki Skydrive misalnya, cukup membuka baut 8 berwarna krom yang ada di rumah CVT. Sedangkan di Honda Vario atau Yamaha Mio ada pipa L yang ditutup selang buntu.
Lebih mudah mencirikan ada atau tidaknya air di rumah CVT. Selamat mencoba!.(federaloil.co.id)
Artikel Lainnya

Lakukan Perawatan CVT Motor Matic Agar
_250_150.jpg)
Empat Tips Makin Nyaman Berkendara di

Perawatan Motor Matic Baru Supaya Awet

Kerak Dalam Mesin Bisa Buat Konsumsi

Ini Cara Mudah Membaca Dipstick Oli

Benarkah Motor Injeksi Tidak Boleh
