Kenali Angka Pada Ban Motor, Ternyata Ini Fungsinya

Tanggal : 22 Januari 2023 , Penulis : Tim Konten

Kenali Angka Pada Ban Motor, Ternyata Ini Fungsinya

Federal Oil - Ban motor merupakan salah satu komponen paling penting yang ada di sepeda motor, namun masih banyak pengendara yang belum menetahui bagian-bagian yang ada di dalam ban.

Salah satunya adalah kode serta angka-angka yang ada di ban motor Feders, apakah angka-angka tersebut ada fungsinya?

Ternyata, kode dan angka yang ada di bagian ban motor memiliki arti tersendiri lho Feders, ini beberapa contohnya:

Angka 120/70-14 adalah kode ukuran ban, 120 yang ada didepan adalah ukuran lebar dari tapak ban dalam ukuran milimeter.

Sedangkan angka selanjutnya: 70 adalah ukuran tinggi ban yang dimiliki, cara mengukurnya pun cukup mudah bisa dimulai dari permukaan ban yang menyentuh tanah hingga bagian ban yang terkena velg.

Terakhir, angka 14 merupakan diameter ban yang digunakan dalam ukuran inci. Ukuran ini juga merujuk pada ukuran velg motor yang Feders gunakan ya, untuk motor matic bisa bervariasi mulai dari ukuran 10 inci hingga 14 inci, sedangkan untuk motor bebek biasanya 17 inci, dan motor sport mulai dari 17 inci hingga 21 inci lho.

Di samping kode serta angka-angka tersebut, biasanya ada kode lagi yang terdapat di bagian ban yakni empat angka berurutan, misalnya 1321.

Angka-angka ini adalah kode produksi dari ban tersebut, angka 13 merupakan kode bahwa ban diproduksi pada pekan ke-13 di tahun 2021.

Semakin baru kondisi ban motormu, maka kode produksi ini juga akan semakin besar ya Feders, jadi perlu diperhatikan juga ketika sedang membeli ban.

(federaloil.co.id)

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk