Manfaat dan Pentingnya Mengganti Oli Setelah Perjalanan Jauh atau Mudik

Tanggal : 15 Mei 2022 , Penulis : Tim Konten

Manfaat dan Pentingnya Mengganti Oli Setelah Perjalanan Jauh atau Mudik

Bagi para pemudik yang melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, sangat disarankan setelah balik untuk mengganti oli mesin motor.

Tujuannya supaya mesin motor tetap prima. Untuk oli mesin, direkomendasikan melakukan penggantian setiap 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service. 

Selain oli mesin, oli yang perlu dicek juga adalah oli gear, terutama di kendaraan bertransmisi matic. Sementara untuk oli matic masa pergantiannya setiap 8.000 km per 2 tahun.      

Saat mengganti motor sesuaikan dengan jenis motor kamu, jika motor matic gunakan oli khusus untuk motor matic, jika motor sport atau bebek, olinya sesuai dengan dengan kebutuhan motor tersebut.

Efek Negatif Kalau Jarang Ganti Oli
Dikarenakan fungsi dari oli cukup vital, ketika Anda tidak atau jarang mengganti oli maka akan memunculkan risiko tinggi untuk motor. 

Contohnya saja, dengan oli yang sudah aus atau bahkan sudah hampir habis mengering, maka mesin akan menjadi lebih panas atau overheating. 

Dikarenakan mesin menjadi panas, maka kinerja setiap komponen mesin juga terkendala dan menjadi kasar baik jalannya ataupun suaranya.

Selain itu, apabila jarang atau tidak pernah mengganti oli maka membuat mesin harus mengonsumi bahan bakar lebih banyak dan mengakibatkan kendaraan menjadi boros BBM. Dan 2 efek paling negatif adalah menyebabkan postin dapat menyangkut pada blok silinder dan motor akhirnya berhenti mendadak. 

Apabila hal tersebut dibiarkan terus, maka mau tidak mau hanya tinggal menunggu waktu saja motor yag bersangkutan harus turun mesin.(federaloil.co.id)

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk