Beranda / Berita / Penyakit Musiman Motor Matic

Pemilik Motor Matic Harus Tahu Penyakit Musiman Pada Skutik

Tanggal : , Penulis : Admin

Pemilik Motor Matic Harus Tahu Penyakit Musiman Pada Skutik

Saat ini pengguna motor matik di Indonesia sangat tinggi, kini pengguna motor matik gak cuma ibu-ibu tapi juga bapak-bapak banyak yang pakai motor matic.

Sayangnya, meski cukup digandrungi, masih banyak pengguna matic yang belum menyadari 'penyakit musiman' alias masalah yang kerap terjadi pada motor matic.

Yuk simak apa saja penyakit kambuhan pada motor matik.

1.Tarikan Gas Berat
motor matic itu hampir 80 persen performanya bergantung pada tarikan gas. Untuk itu, kalau kamu gak pintar-pintar merawat maka bisa jadi tarikan gas motor jadi berat.

Nah, tarikan motor berat ini bisa jadi karena filter udara yang menjadi penyaring udara masuk ke dalam ruang bakar kotor karena tercampur partikel kotoran dan debu. Sehingga bikin tarikan motor jadi super berat. 

Mengatasinya gampang banget kok! Kamu cukup rajin-rajin cek kondisi saringan udara. Khusus motor matic, kini sudah banyak yang menggunakan filter udara jenis basah di mana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala. 

2.Suka Mati Mendadak
penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat? Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi kurang dan bikin motor matic-mu suka tiba-tiba mendadak mati.

Untuk mengatasi masalah tersebut, segera bawa motor matic-mu ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah untuk klep ini berbeda-beda lho! Biar gak salah, kamu memang wajib melakukan pengaturan langsung ke bengkel. 

3. mesin Terlalu Panas Saat Dipakai
penyebab panas atau overheat pada motor ini ternyata adalah karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. 

Overheat terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine