Perbedaan Isi Tabung Shockbreaker Belakang Sepeda Motor, Semua Tergantung Fungsinya
Federal Oil - Shockbreaker belakang sepeda motor tentunya saat ini sudah banyak variasi dan bentuknya.
Namun, banyak pengendara sepeda motor yang tetap menyukai shockbreaker belakang yang memiliki tabung di bagian atas atau bawahnya karena terlihat lebih racing dan berbeda dengan tampilan standar.
Menurut Azis yang memiliki bengkel khusus menangani shockbreaker sepeda motor di bilangan Kreo, Tangerang, guna tabung tersebut ternyata cukup vital.
"Tentunya tabung yang asli, bukan yang hanya gimmick atau tampilan saja, tapi tabung yang berisi gas nitrogen." lanjutnya.
Guna dari tabung tambahan tersebut tentunya untuk meredam saat melintasi jalan rusak, sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga.
Tentunya kompresi rebound dari masing-masing tabung yang berisi oli dan nitrogen tersebut juga berbeda.
Tabung berisi nitrogen memiliki karakter lebih keras dan rebound yang lebih cepat karena dorongan gas tentunya akan lebih cepat mendorong oli yang ada didalam bagian shockbreaker saat melewati jalanan yang tidak rata.
Fungsi ini justru sangat berguna bagi motor balap yang biasa melahap tikungan sehingga motornya dinilai lebih stabil.
Sedangkan pada shockbreaker konvensional yang hanya berisi oli tentunya rebound akan lebih lambat karena oli yang ditekan juga akan mengikuti kontur jalan yang dilewati sehingga bantingan akan lebih smooth dan harganya pastinya akan lebih murah dibandingkan dengan shockbreaker tabung yang berisi nitrogen.
Menurut Azis juga, baiknya pengendara memilih shockbreaker tergantung dengan jalur yang sering dilewatinya dan tingkat kenyamanan yang dibutuhkan.
TAGS
fungsi tabung shockbreaker shockbreaker belakang motor shockbreaker motor tabung nitrogen shock tabung oli shock