Beranda / Berita / Sejarah Sirkuit San Marino

Sejarah Singkat Sirkuit San Marino, yang Kini Lebih dikenal Dengan Sebutan Misano World Circuit Marco Simoncelli

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Sejarah Singkat Sirkuit San Marino, yang Kini Lebih dikenal Dengan Sebutan Misano World Circuit Marco Simoncelli

Dirancang oleh seorang insinyur Cavazzuti, yang berada di bawah naungan Enzo Ferrari, sirkuit Misano pertama kali menjalani uji coba pada 4 Agustus 1972, saat dunia motorsport tengah bangkit. 

Jauh sebelum ajang MotoGP berlangsung di Misano, sirkuit ini awalnya hanya memiliki panjang lintasan 3.488 Meter dengan tribun penonton berukuran kecil. Sirkuit Misano saat itu belum diperuntukkan bagi kejuaraan internasional.

Lalu pada 2007 Misano kembali ke kalender MotoGP. Dengan diperbarui berbagai fasilitas, lintasan dan tribun, Misano Adriatico mampu menampung kapasitas maksimum 60.000 penonton dengan Panjang lintasan 4.2 km, Tikungan 6 kiri - 10 kanan, Lebar lintasan 14 m, dan Lurus Terpanjang 530 m.

Sirkuit Italia ini sebelumnya dikenal dengan nama Misano World Circuit dan sebelum 2006 dikenal dengan nama Circuito Internazionale Santa Monica, Kini lebih dikenal luas dengan nama Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Nama Simoncelli tentu tidak asing di telinga, Simoncelli dianggap sebagai pembalap Italia paling berbakat pada dekade 2000-an, dengan menyabet gelar juara dunia 250 cc pada 2008.

Sayang, karier Simoncelli berakhir tragis. Ia meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan fatal di MotoGP Malaysia 2011.

Sebagai penghormatan, pihak pengelola sirkuit memutuskan untuk mengabadikan nama Marco Simoncelli di belakang Sirkuit Misano sejak 2012.

Buat Feders, jangan lupa dukung pembalap Federal Oil Gresini Racing MotoGP pekan ini ya.(federaloil.co.id)

 

 

Artikel Lainnya

Alex Marquez & Fabio Di
26 November 2023

Alex Marquez & Fabio Di

x Check if your product is genuine