Sering Kehujanan Saat Naik Motor, Harus Rajin Periksa Komponen Ini
Feders-Dalam beberapa pekan terakhir hujan mulai mengguyur di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bagi pengguna atau pemilik motor wajib memperhatikan kondisi tunggangan agar tidak terserang karat.
Air hujan mengandung zat asam yang bisa membuat komponen besi dan logam di motor terserang karat. Apalagi jika motor dibiarkan begitu saja setelah kena air hujan dan genangan lumpur.
Disarikan dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 komponen motor yang rawan kena karat setelah diguyur air hujan.
Beberapa komponen itu yakni lengan ayun, dudukan monosok, rangka, knalpot, dan rantai. Mari kita ulas satu per satu.
Baca Juga: Cara Supaya Tidak Mudah Lelah Mengendarai Motor Kopling
1. Swingarm
Pertama adalah swingarm atau lengan ayun. Lengan ayun rawan terkena cipratan air hujan dan lumpur karena letaknya di bawah.
Jika tidak segera dibersihkan setelah terkena hujan, karat berpotensi menyerang bagian sambungan lengan ayun dan bushing.
2. Dudukan Monosok
Dudukan monosok belakang atau link pada motor sport seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R juga rawan terkena karat.
Dudukan monosok ini bahkan posisinya lebih rendah dibanding lengan ayun, jadi bisa langsung terkena cipratan air hujan dan lumpur.
3. Rangka
Selanjutnya adalah rangka. Rangka motor rawan terkena karat, khususnya pada bagian sambungan (las-lasan) dan bagian yang sulit dijangkau.
Artikel Lainnya
_250_150.jpg)
Empat Tips Makin Nyaman Berkendara di

Tarikan Responsif, Mesin Lebih Dingin,

Jaga Kecepatan Saat Mudik Bisa Buat
1_250_150.jpeg)
Empat Cara Simpan Oli Mesin Agar Tetap
Cegah Kebosanan Saat Arus Balik

Benarkah Menggunakan Roller CVT Ringan

CVT Motor Matic Sering Selip? Ini Cara
