Tips Jitu Cegah Ban Ngunci Saat Melakukan Pengereman
Untuk mencegah hal itu terjadi, hal penting yang harus dilakukan adalah, tetap fokus (konsentrasi) pada jalanan yang akan dituju.
Selain itu, Feders pun wajib membekali sepeda motor dengan sistem pengereman yang memadai, dan ban harus dalam kondisi terbaik.
Kuasai Teknik Pengereman
Selain fisik yang prima, konsentrasi dan kondisi motor yang maksimal, Feders pun wajib menguasai teknik pengereman yang baik.
Pasalnya, saat harus melakukan pengereman darurat, kebanyakan orang cenderung panik hingga asal tekan rem. Akibatnya, motor jadi ngesot dan sulit dikendalikan.
Agar hal tersebut tidak terjadi, Johanes Lucky, chief instructor safety riding, menjelaskan jika Feders wajib menguasai trik pengereman mendadak.
Caranya mudah, pertama tutup gas dengan cepat, dan tarik rem depan hingga penuh. Dalam jeda sepersekian detik, Feders langsung tekan rem belakang hingga penuh.
Dalam kondisi ini, pastikan kondisi motor dan posisi ban sedang lurus, tidak sedang berbelok atau akan belok.
Inilah alasan kenapa Johanes melarang Feders membiasakan kedua jari nempel di tuas rem depan saat sedang berkendara.
Saat melakukan pengereman, otomatis rem depan akan langsung dipencet, sementara tus gas masih menyala. Tentu saja ini tidak akan efektif, dan menyebabkan ngesot.
Artikel Lainnya

Berapa RON Bensin Yang Digunakan Motor

Cara Mudah Atasi Kelelahan Berkendara,

Ini Cara Mudah Membaca Dipstick Oli

Tips Servis CVT Bagi Pengguna Motor

Bolehkah Oli Matic Digunakan di Motor

Ciri Injektor Motor Kotor, Yuk Dirawat

Sebelum Oli Mesin Menguap, Kenali Dulu
