Wajib Tahu! Begini Cara Mengetahui Ciri-ciri Oli Palsu

Tanggal : 02 November 2022 , Penulis : Tim Konten

 

Federal Oil - Bulan Oktober lalu, Polda Jawa Tengah berhasil menggrebek sebuah rumah di Semarang Jawa Tengah yang diduga sebagai tempat produksi oli plasu. Dari penggrebekan tersebut, Polisi menahan dua orang tersangka dan menyita barang bukti ribuan botol oli palsu siap edar.

Penggrebekan tersebut berawal dari salah satu tersangka yang sedang menjual produk oli palsu ke masyarakat.

Dari penggrebekan tersebut, Polisi juga menyita barang bukti lain seperti 3 mesin video set, 3 mesin alat pengikat, 6 tandon penampungan oli, serta 50 drum kosong.

Dengan adanya kasus tersebut, Feders harus berhati-hati dalam mebeli pelumas untuk kendaraan Feders, jangan sampai kamu memakai oli palsu yang berkibat fatal pada mesin kendraan kamu.

Berikut ini cara mengetahui ciri-ciri oli palsu, kamu perlu menyimak supaya tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ciri-ciri oli palsu yang sering ditemui secara kasat mata jauh perbedaannya dari oli asli. Oli palsu kalau sudah dituang, di bawah dalam botol ada endapan hitam, hal ini karena hasil penyulingan oli palsu biasanya enggak sebagus oli asli pabrikan.

Kemudian, secara aroma atau baunya juga berbeda dengan oli yang asli. Oli palsu jika dicium bau sangit seperti habis terbakar. 

Kemudian dari banderol harga, biasanya oli palu dijual lebih murah dari pelumas yang asli. Karena setiap pabrikan oli memiliki Harga Eceran Tertinggi dan Terendah yang sudah ditentukan.

Jika oli tersebut dijual lebih murah dari harga eceran terendah sebuah merk oli, besar kemungkinan, oli tersebut palsu.

Nah, kan Feders teknik pemalsuan sudah makin canggih, resiko-resiko seperti ini bisa saja kita alami sendiri.

Maka dari itu pengetahuan akan pengenalan beda oli palsu dan asli sangat diperlukan.

Buat Feders tidak perlu khawatir terhadap produk Federal Oil, karena dengan kemasan baru saat ini, produk Federal Oil Pasti Asli karena ada ciri-ciri khusus pada kemasan Federal Oil yang tidak bisa dipalsukan.

Salah satu cara yang dilakukan Federal Oil™ dengan melindungi konsumennya dari peredaran oli palsu, oleh karena itu Federal Oil™ memberikan solusi mudah cara mengenali pelumas Federal Oil™ yang asli.

Berikut ini cara mengetahui produk Federal Oil™ yang asli secara kasat mata yang bisa dilakukan oleh konsumen.

1.SNI
Terdapat logo Standar Nasional Indonesia (SNI) pada setiap kemasan Federal Oil™. Perlu diketahui, Federal Oil™ merupakan pelopor produk pelumas yang menerapkan sertifikat SNI di Tanah Air.

Standarisasi pelumas sendiri secara jelas diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Menperin) Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan SNI Pelumas Secara Wajib.

Mengacu dari aturan tersebut, maka setiap jenis pelumas dengan nama dagang tertentu wajib memenuhi standar mutu dan spesifikasi yang ditetapkan, serta wajib memiliki nomor pelumas terdaftar (NPT) dari Kementerian ESDM.

2.Terdapat QR Code
Sekarang semua kemasan Federal Oil™ sudah ada QR Code, yang bisa discan oleh konsumen saat membeli produk Federal Oil™ dan melanjutkan ke aplikasi Scantrust. Nanti di aplikasi akan terlihat produk itu asli atau belum terverifikasi, jika discan muncul ke aplikasi maka dapat dipastikan itu asli. Karena QR Code yang bikin oleh Federal Oil™ tidak dapat ditiru, karena ada kode rahasia yang terdapat dalam QR Code tersebut.

3.Jetprint
Di setiap tutup botol kemasan Federal Oil™ yang baru kini dibubuhi Jetprint yang terdapat di bagian atas tutup botol.

4.Ada Emboss Federal Oil 

Jika Feders membeli pelumas Federal Oil™, lihat pada bagian alumunium yang ada di tutup bagian dalam kemasan. Pada Alumunium tersebut ada tulisan Federal Oil™.

5.Ada Motif Batik Parang
Pada kemasan baru Federal Oil™, terdapat motif batik Parang salah satu motif batik tertua di Indonesia. Karena tidak semua kemasan pelumas pada kemasannya menggunakan motif batik.

Itulah cara mengenali pelumas Federal Oil™ yang asli, pastikan Feders selalu membeli pelumas Federal Oil™ di bengkel-bengkel resmi atau bengkel rekanan Federal Oil seperti Federal Oil Center (FOC) dan Super Federal Oil Center (SFOC).

Bagi Feders yang menemukan oli yang diragukan keasliannya silahkan kontak nomor call center di 1-5000-27 , dan tentunya oprator Federal Oil dengan sepenuh hati dalam menjawab keraguan-keraguan Feders terhadap oli.

(federaloil.co.id)

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk