Beranda / Berita / Komponen

Komponen Motor Ini yang Dilupakan Pasca Terjang Banjir

Tanggal : , Penulis : admin

Komponen Motor Ini yang Dilupakan Pasca Terjang Banjir


Beberapa perawatan setelah menerjang banjir sudah seharusnya dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Fokus pada bagian mesin dan pelumasnya memang tidak salah. Namun, ada baiknya menilik komponen berikut.

Khusus pengguna motor bebek atau sport, memeriksa bagian rantai dan gir (depan-belakang) menjadi agenda yang wajib dilakukan. Pasalnya, komponen ini seringkali terlupakan.

Walau motor diajak 'bermain' air, rantai justru akan kering. "Bukan basah, rantai dan gir malah jadi kering setelah menerjang banjir," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM).

Rantai yang kering akan jelas sangat mengganggu kinerjanya. Mulai dari suara berisik dimana mengakibatkan keausan pada komponen tersebut. Endro menambahkan, jangan terlalu lama dibiarkan karena akan membuat rantai maupun gir cepat rusak.

Tindakan ynag harus dilakukan saat musim hujan begini adalah sering-sering melumasi rantai. Tentunya dengan cairan khusus pelumas rantai (chain lube). Anda juga bisa menemukannya dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine