CVT Motor Bersuara Kasar, Ini Komponen Yang Harus Diperiksa
Federal Oil - Sepeda motor bertransmisi matic saat ini banyak diminati oleh banyak masyarakat Indonesia.Karena mudah digunakan, tidak perlu ganti gigi desainnya juga cukup beragam dan menarik.
Kenyamanan tersebut bisa didapat melalui girboks yang menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) dan dibantu dengan penggunaan kopling sentrifugal yang menentukan dan meneruskan putaran mesin ke roda belakang.
Sepeda motor bertransmisi otomatis sebenarnya cukup sederhana, cara kerjanya: tenaga mesin memutar puli depan (puli penggerak).
Untuk menggerakan puli belakang (drive pulley) kemudian dikirimkan ke kopling sentrifugal yang meneruskannya ke roda belakang agar mesin dapat hidup.
Namun bukan berarti tidak ada masalah.
Masalah yang biasa terjadi pada motor skutik salah satunya adalah suara kasar dan penyakit gejala mesin bergetar saat akselerasi sering dijumpai pada area CVT skuter matik tersebut.
Gejala seperti ini memang sering terjadi apalagi saat sedang berboncengan, saat mulai membuka gas dari posisi berhenti
Ada beberapa sumber penyebab suara berisik yang ditimbulkan dari CVT di antaranya :
1. V-belt CVT
Salah satu komponen utama CVT adalah V-belt CVT.