Beranda
Berita
Produk
Tim Federal Oil - Gresini
Tentang Kami
Hubungi Kami
Beranda / Berita / CVT Berisik

CVT Motor Bersuara Kasar, Ini Komponen Yang Harus Diperiksa

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

CVT Motor Bersuara Kasar, Ini Komponen Yang Harus Diperiksa

 

Federal Oil - Sepeda motor bertransmisi matic saat ini banyak diminati oleh banyak masyarakat  Indonesia.Karena mudah digunakan, tidak perlu ganti gigi  desainnya juga cukup beragam dan menarik.

Kenyamanan tersebut bisa didapat melalui girboks yang menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) dan dibantu dengan penggunaan kopling sentrifugal yang menentukan dan meneruskan putaran mesin ke roda belakang.

Sepeda motor bertransmisi otomatis sebenarnya cukup sederhana, cara kerjanya: tenaga  mesin memutar puli depan (puli penggerak). 

Untuk menggerakan puli belakang (drive  pulley) kemudian dikirimkan ke kopling sentrifugal yang meneruskannya ke roda belakang agar mesin dapat hidup. 

Namun bukan berarti tidak ada masalah.

Masalah yang biasa terjadi pada motor skutik salah satunya adalah suara kasar dan penyakit gejala mesin bergetar saat akselerasi sering dijumpai pada area CVT skuter matik tersebut. 

Gejala seperti ini memang sering terjadi apalagi saat sedang berboncengan, saat mulai membuka gas dari posisi berhenti

Ada beberapa sumber penyebab suara berisik yang ditimbulkan dari CVT di antaranya :

1. V-belt CVT

Salah satu komponen utama CVT adalah V-belt CVT.

Suara kasar atau tersendat bisa disebabkan oleh keausan atau kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Pemeriksaan rutin pada V-belt CVT, termasuk retakan atau gesekan yang terlihat, sangat penting.

2. Pulley CVT

Pulley CVT adalah komponen yang memegang sabuk CVT.

Pastikan tidak ada kerusakan fisik pada pulley, dan periksa apakah pulley bergerak dengan lancar tanpa getaran yang aneh.

3. Oli CVT atau Gear Oil

Pastikan tingkat oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan bahwa oli tersebut dalam kondisi baik.

Oli CVT atau Gear Oil yang sudah kotor atau tercemar juga dapat menyebabkan suara kasar.

4. Filter CVT

Beberapa motor CVT dilengkapi dengan filter untuk menjaga kebersihan oli CVT.

Periksa filter ini secara berkala dan bersihkan atau ganti sesuai dengan panduan pemeliharaan.

5. Roller

Motor CVT biasanya memiliki roller variator yang berfungsi mengatur perubahan gigi.

Pastikan roller ini tidak aus dan berputar dengan baik.

Biasanya kerusakan roller akan terdengar seperti suara kasar saat grip gas diputar

6. Plastik Slider Tutup Rumah Roller

Timbul suara berisik di rumah CVT, bukan cuma karena roller yang telah rusak, namun plastik slider tutup rumah roller juga bisa bikin berisik CVT bila sudah aus.

Bukan cuma timbul suara berisik, karena kerja peranti ini buka tutup atau bergeser keluar masuk seiring putaran mesin, gesekan tersebut mengakibatkan terjadinya keausan.

Jika rongganya semakin besar, otomatis suara kasar juga makin keras berasal dari komponen yang berongga ini.

7. Kampas Kopling

Bunyi berisik juga bisa disebabkan oleh kampas kopling yang sudah menipis.

Biasanya mesin sudah teriak tapi kecepatan skutik tak terlalu tinggi ini yang menyebabkan bunyi berdecit itu, kaya ada tikusnya.

8. Secondary Sliding Sheave

Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, bisa juga disebabkan dari Face Set Moveable Driven yang oblak. 

Tak sedikit dari bengkel yang menyebut part ini sebagai Secondary sliding Sheave.

Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar belt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya.

Biasanya kita sebut ceweknya aus dan oblak kena part yang cowok. 

Ini dia salah satu penyebab bunyi kasar CVT.

Selain bunyi, ada gejala juga yang ditimbulkan oleh keausan part tersebut. Ketika motor ingin bergerak, ada hentakan-hentakan kecil.

7. Girboks

Biasanya laher-laher di girboks sudah aus sehingga mengakibatkan celah antar mata gigi renggang atau enggak presisi dan menyebabkan timbul suara kasar.

Laher girboks sangat mungkin bikin gigi rasio jadi renggang. Akibatnya saat roda deselerasi timbul dengung keras di belakang rumah CVT.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan yang tepat, Feders dapat memastikan bahwa motor matic yang digunakan akan nyaman untuk dikendarai.

Jika Feders ragu atau tidak yakin tentang pemeriksaan atau perbaikan yang diperlukan, selalu sebaiknya mendapatkan bantuan dari mekanik yang ahli atau bengkel yang terjamin seperti di Federal Oil di Federal Oil Center (FOC) atau Super Federal Oil Center (SFOC) terdekat.

(federaloil.co.id)