Fungsi Roller Motor Matic, Kecil Tapi Berpengaruh Terhadap Performa Motor
Federal Oil - Saat ini pengguna motor matic jumlahnya sangat banyak, karena dinilai mengendarai motor matic lebih gampang dibandingkan motor manual.
Dengan menggunakan motor matic, pengendara tidak perlu memindah transmisi dan menarik kopling untuk melaju, cukup putar gas saja.
Ini karena motor matic menggunakan transmisi otomatis yang disebut Continuosly Variable Transmision (CVT) yang berbeda dengan motor-motor manual.
Meski motor matic memiliki banyak kemudahan, tentunya performa motor harus tetap terjaga, perawatan secara periodik pada CVT juga tetap harus dilakukan.
CVT sendiri memiliki bermacam komponen, salah satunya adalah roller yang punya fungsi penting pada CVT motor matic.
Dilansir dari berbagai sumber, fungsi roller sebagai pemberi tekanan keluar pada rumah roller sehingga memberikan perubahan diameter pada v- belt, jadi roda bisa bergerak dan motor bisa berjalan.
Didalamnya juga ada tiga komponen penting, yakni puli primer, puli sekunder dan v-belt, dimana fungsi ketiganya juga sangat penting yakni menyalurkan daya ke bagian roda.
Dengan kata lain, roller pada CVT motor matic berfungsi untuk membantu mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi, mulai dari berkendara santai hingga ngebut.
Cara kerjanya, saat terjadi gaya sentrifugal, roller mendorong puli dan puli pun mengembang yang sekaligus bikin belt meregang sehingga putaran mesin tetap mengikuti keinginan dari putaran gas pengendara.
Roller ini juga biasanya disetting untuk beratnya, banyak pengendara yang mengganti berat roller standar pabrikan sesuai dari jalur yang digunakan, tujuannya adalah agar berkendara semakin nyaman.
Perawatan bagian roller juga harus diperhatikan ya Feders, cukup dengan melakukan pengecekan rutin saat servis dan penggantian jika roller sudah rusak karena bisa berpengaruh ke perfoma dan akselarasi motor matic yang digunakan.
(federaloil.co.id)