Beranda / Berita / Aki Soak

Starter Elektrik Motor Tidak Menyala? Belum Tentu Karena Akinya Bermasalah

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Starter Elektrik Motor Tidak Menyala? Belum Tentu Karena Akinya Bermasalah

Federal Oil - Sepeda motor modern saat ini pasti sudah dilengkapi dengan tombol starter elektrik untuk menyalakan motornya.

Bahkan di beberapa motor terbaru, hanya mengandalkan tombol starter elektrik tanpa adanya tuas kick starter.

Namun apa yang terjadi jika tombol starter elektrik tidak berfungsi? Ternyata ada beberapa hal yang mempengaruhi:
Untuk mendeyekei dengan cara mendasar, Feders bisa melakukan dengan cara mendengarkan bunyinya.
Jika tombol starter elektrik ditekan dan masih keluar suara seperti 'tek..tek..tek" tapi mesin tidak menyala, itu artinya akinya tidak bermasalah.
Dengan ada bunyi itu, aki sebetulnya masih mengaliri arus, dan masalah ada di komponen lain, misalnya rangkaian starter (tombol starter dan kabel penyambung), relay starter (bendik), atau dinamo, yang semuanya harus dideteksi lebih lanjut.

Namun jika tombol starter ditekan ditak ada suara apapun, maka yang harus dilihat adalah bagian sekering atau terminal aki.
Pemeriksaan kabel atau rangkaian starter tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan multimeter atau multitester, dan serahkan mekanik kepercayaan Feders untuk membacanya.

Pada tahun 2023 ini Federal Oil™ masih melanjutkan program Sobek Berhadiah (Sober) yang diperuntukkan bagi konsumen Federal Oil™ hingga akhir Februari 2023.

Masih ada kesempatan untuk memenangkan hadiah utama seperti motor matic, logam mulia, dan ratusan ribu hadiah lainnya.

Produk-produk Federal Oil™ bertanda khusus program Sober dan pasti asli dapat dibeli di Federal Oil™ Center terdekat, atau official store Federal Oil™ yang ada di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan JD.ID, untuk info lebih lengkap kunjungi sobekberhadiah.federaloil.co.id.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine